Sulbar Promosikan Kesiapan Pelayaran Polman-Sabah dalam BIMP-EAGA di Brunei

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar dan Bupati Polman saat berada di Brunei Darussalam.

BANDAR SERI BEGAWAN, SULBAR EXPRESS – Pemerintah pusat menunjuk Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh sebagai Ketua Delegasi Republik Indonesia dalam forum Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Philippines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA).

BIMP-EAGA merupakan salah satu kerja sama ekonomi subregional yang dibentuk pada tahun 1994 dengan tujuan utama meningkatkan kerja sama ekonomi dan integrasi di antara wilayah anggotanya.

Dalam kesempatan itu, Prof Zudan menyampaikan sejumlah gagasan, ide dan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan kedepan. Bahkan, keinginan Indonesia dalam mengembangkan digital transformasi, blue and green ekonomi, serta koridor ekonomi yang perlu dibangun, dari Kalimantan, Sulawesi, Maluku sampai dengan Papua.

“Dan kita juga menyampaikan beberapa permintaan kepada ADB (Bank Pembangunan Asia) agar bisa memberikan bantuan teknis atau teknikal asisten. Kemudian berbagai pelatihan yang terkait kita membangun transformasi digital, kemudian pengembangan SDM, termasuk bagaimana penguatan pelayanan publik di 18 provinsi yang ikut dalam forum ini,” kata Prof Zudan.

Terkhusus, kata Prof Zudan, dirinya mendorong kerjasama dan menyampaikan kesiapan Tanjung Silopo yang ada di Kabupaten Polman, Sulbar, untuk membuka pelayaran langsung ke Pelabuhan Lahad Datu, Sabah, Malaysia.

“Juga bagaimana produk coklat yang ada di Polman pada khususnya dan di seluruh Sulbar pada umumnya bisa kita kembangkan. Dan respon dari audiensi bagus sekali, mereka sangat tertarik untuk itu,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar yang ikut dalam forum itu mengaku sangat bersyukur dengan respon positif dari peserta BIMP-EAGA terhadap usulan-usulan Penjabat Gubernur Sulbar.

“Kita sangat bersyukur karena forum ini selesai dengan baik dan banyak usulan-usulan yang disampaikan Penjabat Gubernur Sulbar, bagaimana Tanjung Silopo bisa berjalan dengan cepat dan konektivitas antar Tanjung Silopo dengan Lahad Datu, Sabah, Malaysia, bisa cepat terlaksana,” ujar Andi Ibrahim Masdar.

Tertarik Kunjungi Sulbar

Prof Zudan menjelaskan, sejumlah pihak dari negara lain yang tergabung dalam BIMP-EAGA tertarik berkunjung ke Sulbar dan melihat produk-produk yang ditampilkan dalam pameran.

“Mudah-mudahan sekaligus ada lagi yang mengundang kita dalam pameran di Uzbekistan bulan November mendatang. Sehingga, semuanya yang akan kita bicarakan sesampainya di Sulbar. Semoga capaian yang kita lakukan ini selalu untuk kepentingan masyarakat,” tuturnya. (*)

  • Bagikan