Pemilu, Golkar Sulbar Sudah Ready

  • Bagikan
Wakil Ketua Bidang Hubungan Lembaga Politik DPD Partai Golkar Sulbar H. Sugianto.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Menyongsong pesta demokrasi tahun depan, pengurus Partai Golkar Sulbar telah merampungkan desain komposisi bakal calon anggota legilatif (Caleg) Pemilu 2024.

Wakil Ketua Bidang Hubungan Lembaga Politik DPD Golkar Sulbar, Sugianto menerangkan bahwa untuk urusan pemberkasan, secara umum sudah nyaris rampung.

Jika berjalan lancar, partai berlambang beringin rindang akan melakukan pendafaran seluruh Bacaleg, antara tanggal 11 atau 12 Mei mendatang.

“Artinya, Partai Golkar sudah matang menyongsong Pemilu 2024, sudah siap,” ujarnya, Kamis 4 Mei 2023.

Khusus di ibu kota Sulbar, Mamuju, Sugianto menyebut ada 30 kandidat yang akan mengisi seluruh Daerah Pemilihan (Dapil).

“Pencalonan di kabupaten Mamuju, kemarin kita sudah melaksanakan rapat penatapan Bacaleg untuk empat Dapil, full 100 persen,” terang Sugianto.

Politisi senior itu merinci, untuk Dapil I ada 7 orang, Dapil II diisi 8 orang, kemudian Dapil III dan Dapil IV masing-masing 7 orang dan 8 orang.

“Untuk rencana pendaftaran kita ancang-ancang tanggal 11 atau 12 Mei. Kita ambil waktu seperti itu karena sekarang ini seluruh Parpol dan semua Bacaleg masih sementara merampungkan pemberkasannya,” terang Sugianto.

Sugianto mengaku, Golkar kembali mempercayakan dirinya berlaga menuju DPRD Mamuju, meskipun pengurus partai di masing-masing tingkatan sudah mendorong dirinya naik ke DPRD provinsi.

“Saya masih istiqamah di DPRD Mamuju. Secara internal kesepakatan, saya tetap di kabupaten,” terangnya.

Sebagai salah satu partai dengan sederet kader mumpuni di daerah, Golkar kembali menargetkan kursi pimpinan dewan, minimal satu fraksi.

Sementara untuk DPRD Sulbar, Golkar mengandalkan tiga figur; Satu incumbent, kemudian politisi senior Golkar yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Sulbar, serta figur baru yang diyakini akan menambah kekuatan partai.

“Terlebih dahulu saya mohon maaf pada jajaran struktur partai di tingkat provinsi, pusat maupun kabupaten. Mudah-mudahan ini bukan pelanggaran etika komunikasi partai untuk saya sampaikan. Di provinsi akan ada incumbent yakni Damris, kemudian H. Hamzah Hapati Hasan (H4) akan kembali turun berlaga, dan Irwan Pababari,” beber Sugianto.

Pihaknya optimistis untuk menjadi pemenang dan merebut kursi ketua DPRD Sulbar.

“Karena melihat sepak terjang dari tiga nama yang diusung tentu tidak diragukan lagi. Belum lagi dari kabupaten lain,” imbuhnya.

Terkait kursi DPR RI sendiri, Sugianto menyebut, partainya telah mempersiapkan kejutan.

“Untuk DPR RI ada satu orang, nanti kita sampaikan. Insya Allah Golkar sudah 80 persen persiapan,” tegasnya. (ami/chm)

  • Bagikan