Seleksi Calon KPU Mamasa Dimulai, Ini Tahapannya

  • Bagikan
Timsel Calon KPU Mamasa, Baharuddin Thahir, Muhammad Ikhsan Hidayah, Edy Hartanto Taufik, dan Ruski Hamid, saat konferensi pers, Senin malam 12 Juni 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Tim Seleksi (Timsel) Calon anggota KPU Kabupaten Mamasa periode 2023-2028, saat ini memulai tahapan seleksi. Pendaftaran dilakukan mulai 13 Juni hingga 19 Juni.

Hal itu disampaikan timsel KPU Mamasa Baharuddin Thahir bersama jajaran timsel lain, Muhammad Ikhsan Hidayah, Edy Hartanto Taufik dan Ruski Hamid saat melakukan jumpa pers di Cafe Ruang Rindu Mamuju.

“Kami bersama sekretariat KPU dan timsel mengundang seluruh masyarakat untuk menjadi anggota KPU Mamasa,” kata Baharuddin, Senin malam 12 Juni 2023.

Ia mengatakan, proses pendaftaran itu dilakukan sesuai tahapan yang telah ditetapkan berdasarkan PKPU.

“13 Juni adalah pengumuman pendaftaran, sekaligus awal dilakukan pendaftaran sampai 24 Juni, kemudian dihari yang sama dilakukan penelitian administrasi sampai 1 Juli,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses melalui Website di Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (Siakba) atau melakukan pendaftaran langsung di sekretariat Timsel.

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui web Siakba. Kemudian dibarengi dengan pengiriman hardcopynya,” terangnya.

Proses perekrutan akan dilakukan berdasarkan jumlah empat kali kebutuhan, namun jika itu tidak mencapai maka akan dilakukan perpanjangan mulai 25 Juni sampai 30 Juni.

“Setelah perpanjangan dilakukan maka selanjutnya penetapan hasil penelitian administrasi dilakukan 2 Juli, kemudian pengumuman pada 3 Juli sampai 5 Juli,” jelasnya.

Setelah pengumuman, dilakukan seleksi tertulis dan tes psikologi yang dilaksanakan pada 6 Juli sampai 12 Juli. Penetapan pun akan dilakukan pada 13 sampai 14 Juli.

“Kemudian kita minta tanggapan dan masukan dari masyarakat agar tranparansi dan akuntabilitas seleksi ini berjalan dengan baik, pada 15 sampai 20 Juli,” bebernya.

Ia pun berharap, seluruh calon yang terpilih nanti merupakan orang-orang yang memiliki kemapuan kapasitas dan integritas kompetisi menjadi penyelenggara pemilu.

“Diharapkan lahir anggota KPU yang dapat mengawal proses demokrasi pada 2024 mendatang,” ujarnya.

Pihaknya pun berkomitmen dapat memenuhi kuota perempuan dengan melakukan sosialisasi secara massif.

Sementara anggota timsel Muhammad Ikhsan Hidayah menjelaskan bahwa terkait persyaratan itu tidak jauh berbeda dengan proses seleksi yang telah dilakukan oleh Timsel.

“Syaratnya itu seperti surat pernyataan pendaftaran ditandatangani di atas materai 10 ribu, foto kopi KTP, daftar riwayat hidup,” tandasnya. (idr)

Tahapan Seleksi Calon Anggota KPU Mamasa:

Pendaftaran 13 sampai 24 Juni.

Penelitian administrasi dilakukan pada 13 Juni hingga 1 Juli.

Pengumuman pendaftaran 13-19 Juni
Pendaftaran 13-24 Juni.

Penelitian Administrasi 13 Juni-1 Juli.

Perpanjangan Pendaftaran 25-30 Juni.

Penetapan Hasil Penelitian Administrasi  2 Juli.

Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi 3-5 Juli.
Seleksi Tertulis-Tes Psikologi 6-12 Juli.

Penetapan Hasil Tertulis-Psikologi 13-14 Juli.

Pengumuman Hasil Tertulis-Psikologi 15-16 Juli.

Masukan dan Tanggapan Masyarakat 15-20 Juli.

Tes Kesehatan 17-22 Juli.

Tes Wawancara 20-26 Juli.

Penetapan Hasil Kesehatan dan Wawancara 27-28 Juli.

Pengumuman Hasil Kesehatan dan Wawancara 29-30 Juli.

Penyampaian Nama Calon Anggota KPU Mamasa 29-31 Juli.

  • Bagikan