Pemilih 985.758 Jiwa, KPU Siapkan Pleno Rekapitulasi DPT se Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU SULBAR EXPRESS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) enam kabupaten telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Akumulasinya mencapai 985.758 jiwa.

Selanjutnya, DPT tersebut akan ditetapkan di tingkat provinsi oleh KPU Sulbar.

“Pleno rekapitulasi akan dilaksanakan tanggal 27 Juni. Alhamdulillah tidak ada masalah di lapangan dan sudah di finalkan oleh kabupaten,” ujar Koordinator Divisi Data, Perencanaan dan Informasi KPU Sulbar, Asriani, Sabtu 24 Juni 2023.

Dia menjelaskan, hasil pemutakhiran data oleh petugas di lapangan menunjukkan adanya pengurangan dari Daftar Pemilih sementara (DPS) yang tercatat sebanyak 1.017.441 jiwa.

“Proses pergeseran data itu akibat Tidak memenuhi syarat (TMS) yaitu ganda, meninggal, pemilih baru dan ubah data. Dari tahapan awal Coklit, disusun menjadi DPS, diumumkan diperbaiki menjadi DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) menuju DPSHP Akhir masuk ditetapkan menjadi DPT. Jadi panjang alur proses perubahan yaitu pergeseran data karena hal di atas,” urai Asriani.

Di Mamuju, Ketua KPU Mamuju Hamdan Dankang mengatakan bahwa pihaknya telah menetapkan DPT Pemilu 2024 untuk 11 kecamatan dengan total pemilih sebanyak 189.167 jiwa.

“Telah dinyatakan rampung dan Alhamdulillah itu telah selesai,” ucapnya.

Hamdan mengatakan, untuk jumlah DPT di Mamuju DPT terbanyak berada di Kecamatan Mamuju dengan jumlah pemilih aktif 42.440 jiwa, disusul Kecamatan Kalukku 38.604 jiwa, kemudian Kecamatan Simboro 23.906 pemilih.

Meski begitu, data yang ada tidak menutup kemungkinan masih akan berubah, jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang pindah domisili atau meninggal dunia.

Perekaman e-KTP

Terpisah, Penjabat Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh juga telah melakukan pertemuan bersama Dirjen Dukcapil di Jakarta, terkait pelaksanaan Pemilu tahun depan.

Pertemuan itu dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah provinsi kepada KPU untuk pemutakhiran data pemilih melalui percepatan perekaman KTP elektronik (e-KTP), khususnya bagi pemilih pemula.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Teguh Setyabudi disebut mendukung penuh langkah Pemda Sulbar.

“Kita coba jemput bola untuk perekaman bagi pemilih pemula atau pelajar di berbagai sekolah. Kita akan menggenjot untuk percepatan perekaman, e-KTP apalagi ini menjelang pemilu 2024,” ujarnya.

Prof Zudan Arif Fakrulloh berterima kasih atas dukungan dari Ditjen Dukcapil dan berharap dengan dukungan tersebut maka ribuan pemilih pemula di Sulbar dapat segera mendapatkan e-KTP.

“Kita mendapatkan dukungan dari Dirjen Dukcapil, perekaman ribuan e KTP akan dicukupi, jadi masyarakat Sulbar tidak usah khawatir,” sebut Prof Zudan. (idr/chm)

  • Bagikan