Seleksi Calon Komisioner Bawaslu Kabupaten se-Sulbar, Tes Psikologi Gunakan Sistem CAT

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Tercatat 242 peserta seleksi komisioner Bawaslu kabupaten se-Sulbar melangkah ke fase selanjutnya. Yakni, tes psikologi yang terjadwal 4 Juli 2023.

Anggota Tim Seleksi (Timsel) calon Komisioner Bawaslu kabupaten, Sulfan Sulo menjamin pelaksanaan psikotes akan berlangsung ketat. Tahapan ini bakal menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Penentuan materi soal langsung dari pusat dan dilaksanakan serentak se-Indonesia.

“Kalau sistem ini (psikotes) pertama kalinya juga tes dalam bentuk CAT. Jadi, bukan manual. Selama ini kita tes itu per bagian, diisi lalu dikumpul,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu 2 Juli 2023.

“Kalau sekarang ini sistemnya CAT, ada perbedaan. Kalau yang manual itu soal-soal yang kayak menggambar,” sambung Sulfan Sulo via telepon.

Menjalankan tes psikologi, Timsel Bawaslu bekerjasama dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulbar.
“Soal-soalnya langsung dari Mabes Polri. Psikotes dengan menggunakan sistem CAT, baru kali ini dilakukan,” bebernya.

Adapun lokasi pelaksanaan tes psikologi terjadwal di area kampus Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) Majene. Terbagi dalam dua sesi. Masing-masing dengan 121 peserta.

“Hasil dari psikotes akan diumumkan tanggal 10 Juli 2023 mendatang. Yang kita umumkan itu masing-masing kabupaten sebanyak 12 peserta, kecuali Polewali Mandar itu 20 peserta,” urai Sulfan.

Diketahui, Kabupaten Polman nantinya akan diisi lima komisioner terpilih, sementara daerah lain di Sulbar, masing-masing tiga orang. Timsel sendiri akan menyaring hingga dua kali dari kebutuhan di tiap kabupaten.

Sebelumnya, Timsel Calon Anggota Bawaslu Kabupaten periode 2023-2028 yang tercatat lolos administrasi mencapai 252 peserta. Sepuluh dinyatakan gugur karena tidak mengikuti ujian awal, Computer Assisted Test (CAT).

“Kabupaten Majene dan Mamuju Tengah masing-masing tiga orang, Polewali Mandar dua orang, Mamuju dan Pasangkayu masing-masing satu orang,” kata Sulfan Sulo.

Setelah Psikotest, tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan wawancara dan tes kesehatan yang diagendakan pada 12-14 Juli 2023.

“Kita juga akan menampung tanggapan masyarakat atas nama-nama yang lolos ke tahap tes kesehatan ini. Karena itu, kami harap publik tetap mengikuti dan ikut mengawal proses seleksi yang berlangsung,” tandas Sulfan Sulo. (ami/chm)

  • Bagikan