Seleksi Calon Komisioner Bawaslu Kabupaten se Sulbar, 239 Peserta Tuntaskan Tes Psikologi

  • Bagikan
Sejumlah peserta seleksi calon komisioner Bawaslu Kabupaten se-Sulbar mengikuti rangkaian tahap psikotes di area kampus Unsulbar Majene, Selasa 4 Juli 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Tiga dari 242 calon komisioner Bawaslu kabupaten se-Sulbar dinyatakan gugur karena tidak mengikuti tes psikologi, Selasa 4 Juli 2023.

Seleksi lanjutan tersebut berlangsung di Kampus Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) di Majene. Mereka yang absen langsung dicoret oleh Tim Seleksi (Timsel) calon komisioner Bawaslu kabupaten di Sulbar.

“Belum ada hasilnya karena ini sistemnya CAT. Untuk sesi pertama gabung Kabupaten Majene, Polewali Mandar dan separuh dari Mamasa. Ada tiga orang yang tidak hadir, sesi pertama satu orang sesi selanjutnya ada dua orang,” terang Anggota Timsel, Sulfan Sulo melalui sambungan telepon, Selasa 4 Juli 2023.

Tiga peserta itu, masing-masing dari Mamasa atas nama Erwin Demmarappa, Mamuju Dedi, serta Nurliana dari Pasangkayu.

Pihak panitia pelaksana (Panpel) dan tim seleksi (Timsel), kata Sulfan, berusaha untuk menghubungi ketiga peserta namun mereka berhalangan untuk hadir mengikuti tes psikologi itu.

“Sudah dihubungi. Dia juga ada kendala untuk mengikuti tes. Kemudian yang satunya lagi dari Kabupaten Pasangkayu yang bersangkutan itu sudah ikut tes lagi karena kemarin sudah dilantik menjadi anggota KPU Pasangkayu,” terangnya.

Sulfan mengaku, pelaksanaan psikotes yang perdana menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) itu berlangsung aman dan tidak ada kendala baik jaringan maupun kendala teknis.

“Kalau saya lihat secara umum tidak ada karena ruangan ini juga full AC. Jaringannya juga lancar-lancar saja tidak ada kendala,” katanya.

Untuk pengawasannya sendiri, pihak Timsel memastikan sangat ketat karena tim Mabes Polri dan tim Polda Sulbar hadir memantau langsung tes psikologi tersebut.

“Kami Timsel dan Pokja hanya memonitoring terkait hal-hal teknis seperti absensi dan mengorganisir peserta,” ujarnya.

Teknis pelaksanaan, peserta terbagi dalam dua sesi, masing-masing sebanyak 141 orang dibagi dalam enam ruangan.

Dari catatan Timsel, peserta terbanyak berasal dari Polman yang terdiri dari 49 laki-laki dan 7 perempuan. Paling sedikit dari Mamasa dengan 30 laki-laki dan 2 perempuan.

Nama-nama yang lolos tahapan tes tertulis (CAT dan Psikotes) akan diumumkan pada 10 Juli mendatang.

Jumlah peserta yang lolos di masing-masing wilayah sebanyak 12 peserta atau empat kali dari kebutuhan seleksi (tiga komisioner). Kecuali untuk Kabupaten Polewali Mandar akan ditetapkan 20 peserta karena bakal diisi lima komisioner Bawaslu terpilih. (ami/chm)

  • Bagikan