Jamaah Haji asal Sulbar Segera Pulang, Rombongan Pertama Tiba Pertengahan Juli

  • Bagikan
Jamaah haji asal Sulbar saat menjalani rangkaian ibadah haji di tanah suci. Rombongan asal Bumi Malaqbi dijadwalkan mulai kembali pada pertengahan bulan ini hingga awal Agustus mendatang.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Sejumlah jamaah haji asal Sulbar terserang flu dan batuk, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk beribadah. Rombongan pertama dijadwalkan tiba pertengan Juli ini.

Jamaah reguler plus 114 kouta tambahan asal Sulbar akan segera kembali ke tanah air setelah menuntaskan rangkaian haji. Mereka yang tergabung dalam Kelompok terbang (Kloter) 17 akan lebih dulu merapat ke kampung melalui Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulsel.

Salah satu pendamping haji, Sitti Suraidah Suhardi melaporkan bahwa sebagian besar jamaah asal provinsi ke-33 dalam kondisi baik dan siap dipulangkan. “Walaupun ada yang terserang flu tapi tetap bersemangat,” ujarnya via pesan singkat, Rabu 5 Juli 2023.

Menurutnya, selain faktor usia, rangkaian ibadah haji memang cukup membutuhkan banyak tenaga untuk jamaah jadi banyak yang kelelahan.

“Ditambah kondisi cuaca juga jadi beberapa jamaah terserang flu dan batuk,” imbuh Suraidah yang juga Ketua DPRD Sulbar yang bertugas untuk jamaah Mamuju.

Menurutnya, tidak ada kendala pada petugas haji khusus untuk layanan umum jamaah. Apalagi petugas kesehatan Sulbar bekerja sangat aktif membantu, mengontrol dan mengecek kesehatan ribuan jamaah.

“Kalau kami di pelayanan umum tidak terlalu (sibuk). Tapi petugas haji bagian kesehatan terus bekerja karena harus mengontrol ribuan jamaah setiap harinya, mengecek satu persatu kesehatannya,” beber Suraidah.

Dua Wafat

Jamaah haji Sulbar berjumlah 1.567 jamaah orang termasuk didalamnya untuk kouta tambahan. Dari data pihak Kementerian Agama (Kemenag) Sulbar, dua orang wafat saat menjalankan ibadah haji.

“Sejauh ini kondisi jamaah haji Sulbar baik-baik saja. Ada dua yang wafat, satu dari Mamuju Tengah dan satunya lagi dari Kabupaten Majene,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulbar, Ahmad Barambangi saat dikonfirmasi.

Pemakamannya di Mekkah oleh ada petugas khusus yang telah disiapkan pemerintah Arab Saudi untuk mengurus pemakaman di setiap penyelenggaraan ibadah haji.

Saat dikonfirmasi terkait kendala yang dialami petugas haji mendampingi ribuan jamaah dari enam kabupaten Sulbar, ia mengungkapkan seluruh petugas haji tidak mendapatkan kendala apapun.

Ahmad Barambangi juga menyampaikan, saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan kepulangan para jemaah haji ke tanah air, tak terkecuali untuk wilayah Sulbar yang kedatangannya akan dipusatkan di Asrama Haji Sudiang Sulawesi Selatan.

“Insya Allah kedatangan jamaah untuk kloter 17 masuk Asrama Haji Sudiang tanggal 17 Juli 2023. Kloter 18 masuk tanggal 18 Juli 2023,” terang Kabid PHU Kemenag Sulbar. (ami/chm)

  • Bagikan