Mau Tips Jaga Keamanan Privasi di Ruang Digital, Ikuti Webinar Kemenkominfo

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Aktivitas masyarakat di ruang digital saat ini, untuk sebagian besar orang adalah urusan yang tak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari.

Banyak yang melakukan hal itu untuk kepentingan usaha, pendidikan atau pun dakwah. Namun tak sedikit yang beraktivitas di media digital, terutama media sosial, untuk kepentingan eksistensi saja. Selalu update dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Kondisi ini dipandang baik dan sah-sah saja. Namun perlu diketahui, bahwa apa yang kita lakukan di ruang digital, juga punya resiko negatif.

Karena itulah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), kembali menggelar webinar bertajuk “Tips dan Trik Menjaga Keamanan Privasi di Ruang Digital”.

Kegiatan ini akan berlangsung pada Kamis 20 Juli 2023, pukul 11.00 Wita bersama masyarakat Majene, Sulbar.

Adapun narasumber dalam webinar nanti salah satunya adalah Anwar Sadat. 

Senior Produk Manager di perusahaan swasta ini akan membahas Keamanan Digital.

Ia akan mengajak peserta untuk bagaimana melindungi diri, dan memahami fitur keamanan digital.

Hati-hati saat memberi izin akses aplikasi ke perangkat ponsel, pentingnya membaca dan memahami fitur keamanan pada aplikasi, dan cara mengamankan perangkat digital dari serangan hacker, adalah beberapa poin yang akan ia bahas.

Selain Anwar, pembicara kedua adalah Eko pamuji, Sekjen PWI Jawa Timur.

Dalam paparannya nanti, Eko yang juga dosen di Stikosa AWS ini akan membahas kecakapan digital. Ia akan secara gamblang membahas tips dan trik dalam melindungi data pribadi.

Apa yang perlu diketahui dan dilakukan agar data pribadi tetap aman di ruang digital, cara mencegah kebocoran data pribadi di ruang digital, dan bagaimana menghindari kejahatan digital jika data pribadi terlanjur bocor, akan ia bahas dalam sesi paparannya nanti.

Sementara pembicara ketiga, Content Creator Azaria Desfiani (Desra), akan membahas etika digital.

Apa yang dimaksud rekam jejak digital, bagaimana menjaga agar jejak digital tetap positif, mengapa penting menjaga rekam jejak digital, dan bahaya yang mengintai, akan menjadi pokok bahasannya.

Kegiatan ini akan dipandu oleh Angga Andrias S.Pd., bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Calon peserta cukupĀ  meng-klik link ini: https://s.id/registrasikabmajene_2007 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara  sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng dan Sulut. Dan kali ini, penyelenggara  menyasar komunitas-komunitas di Sulbar.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas. (*)

  • Bagikan