Pemprov Sulbar Dorong Layanan Pembayaran Berbasis Non Tunai di Samsat

  • Bagikan
Kepala BPKPD Sulbar Amujib

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Inovasi layanan berbasis digital terus dimaksimalkan Pemprov Sulbar, merupakan bentuk literasi kepada masyarakat untuk bertransaksi non tunai dalam pembayaran pajak dan retribusi. Ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis digital.

Layanan berbasis digital itu juga merupakan tindak lanjut dari arahan Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh, sejak Juni yang lalu. Ia mendorong seluruh layanan di Juli ini  sudah dilakukan secara digital.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar Amujib mengatakan, seluruh fasilitas layanan di seluruh Samsat terus ditingkatkan. Bahkan kesiapan sarana pelayanan transaksi non tunai sudah siap seratus persen.

Hanya saja pemanfaatan untuk sarana pelayanan itu bergantung masyarakat dan seluruh petugas yang melayani. Karenanya, pihaknya terus mengajak masyarakat dan semua petugas agar bertransformasi ke layanan transaksi digital.

“Sekarang untuk progres pembayaran non tunai sudah 80,38 persen, di seluruh Sulbar,” kata Amujib, baru-baru ini.

Menurutnya, dengan pembayaran non tunai, berbagai manfaat serta kemudahan dapat dirasakan masyarakat.

“Kemudahan yang diberikan dengan transaksi non tunai itu bisa dilakukan pembayaran dimana saja dan kapan saja, kemudian akuntabilitas pembayaran juga terjaga,” kata Amujib.

Ia menambahkan, BPKPD bersama seluruh Samsat saat ini siap menerapkan transaksi non tunai, baik secara sarana dan prasarana. Hanya saja itu perlu dukungan seluruh pihak termasuk masyarakat, agar dapat melakukan transaksi secara non tunai.

“Kita terus akan genjot agar seluruh masyarakat bisa menggunakan pembayaran secara non tunai. Bulan Juli ini, semua kanal non tunai sudah kita siapkan untuk realisasi 100 persen itu perlu dukungan masyarakat,” ucap Amujib.

Amujib mengaku, beberapa kendala masih ditemukan. Salah satunya kendala mengenai jaringan yang belum maksimal menyasar seluruh kabupaten. (*)

  • Bagikan