Seleksi Bawaslu Kabupaten se Sulbar Masuki Fase Akhir

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Satu per satu calon komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) enam kabupaten mulai menuntaskan tahapan akhir seleksi di daerah. Tes wawancara ini terjadwal 18-22 Juli.

Tercatat 80 peserta seleksi komisioner Bawaslu se-Sulbar menjalani tes wawancara secara bertahap di Hotel Yaki Mamuju, sejak Selasa 18 Juli. Masing-masing peserta mendapat waktu 35-60 menit.

Personel Tim Seleksi (Timsel); Muchtadin Al Attas, Andi Suyatni Musrah, Sulfan Sulo serta Jaelani Kunni, bergantian menguliti para peserta yang jumlahnya akan disaring hingga dua kali dari kebutuhan.

“Ini masih berlangsung. Sudah 24 peserta yang sudah menjalani tes wawancara sampai sejauh ini,” kata Sulfan Sulo saat dihubungi via telepon, Rabu 19 Juli 2023.

Sampai kemarin kata dia, tidak ada kendala. Baik secara teknis dari Timsel maupun peserta. “Sekarang ini lancar-lancar saja, cuman kelelahan saja karena kita wawancara 80 orang. Disitu aja kendalanya itu,” ungkap Sulfan.

Sebelum wawancara, para peserta telah menjalani tes kesehatan. Menurut Sulfan, penilaian tes kesehatan dan wawancara akan digabungkan.

“Hasilnya nanti kita gabung untuk mendapatkan calon komisioner Bawaslu kabupaten se-Sulbar. Enam nama akan dikirim ke Bawaslu RI untuk dipilih tiga orang untuk menjadi komisioner,” pungkasnya.

Timsel berencana melakukan pleno akhir tanggal 25 Juli mendatang, guna menyesuaikan akhir masa jabatan komisioner Bawaslu saat ini yang akan tuntas Agustus nanti. (ami/chm)

  • Bagikan