Prof Zudan Ingatkan OPD Fokus Bekerja dan Perhatikan Manajemen Risiko

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh kembali mengingatkan kepada suluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar fokus bekerja.

Dalam bekerja harus memperhatikan manajemen resiko, sebab setiap pekerjaan menurutnya memiliki resiko dan tantangan tersendiri. Hal itu disampaikan Zudan saat memimpin apel pagi secara virtual bersama ASN lingkup Pemprov Sulbar, Senin 24 Juli 2023

“Semua pimpinan OPD dan kepala sekolah memperhatikan manajemen risiko. Dalam bekerja tujuannya ada dua, yaitu menjaga keselamatan internal semua pegawai, kemudian kinerja yang ada harus dirasakan masyarakat,” kata Zudan.

Menurutnya, terdapat empat masalah yang harus diperhatikan dalam bekerja yaitu risiko operasional, risiko likuiditas, risiko hukum dan risiko reputasi. Seluruh risiko itu harus menjadi perhatian serius.

Yang terutama menurut Zudan adalah memperhatikan risiko hukum. Sebab beberapa bulan terakhir masalah hukum menerpa sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Sulbar. “Kemudian dijaga juga jangan sampai timbul risiko reputasi,” ucap Zudan.

Ia pun meminta, agar Biro Hukum dapat melakukan pendampingan terhadap masalah hukum yang sedang dihadapi. Sebab dalam UU ASN, para ASN berhak mendapatkan pendampingan hukum.

Para OPD pun diminta mengaktifkan seluruh media sosial sebagai corong informasi untuk memperlihatkan kinerja yang lebih produktif kepada masyarakat, yang terpenting adalah program yang berdampak langsung ke masyarakat.

Selain itu, kepada seluruh opd yang serapan anggarannya masih di bawah target harus melakukan percepatan untuk melakukan intervensi program kegiatan. (*)

  • Bagikan