Seleksi Bawaslu Kabupaten se Sulbar, Fit and Proper Test Dimulai 31 Juli

  • Bagikan
Sulfan Sulo, Anggota Timsel Calon Anggota Bawaslu Kabupaten se Sulbar.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Para kandidat komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten se-Sulbar telah menjalani tahapan akhir, tes wawancara dan kesehatan yang dijalankan oleh Timsel.

Khusus tahap wawancara telah berlangsung lima hari di Hotel Yaki Mamuju. Sampai kemarin, Tim Seleksi (Timsel) masih menunggu nilai dan sikap Bawaslu RI terkait nama-nama yang akan lolos ke tahap fit and proper test.

“Saat ini kami masih menunggu nilai kesehatan masing-masing peserta dari Bawaslu RI,” ujar Personel Timsel, Sulfan Sulo saat dikonfirmasi, Senin siang 24 Juli 2023.

Sulfan membeberkan, nilai tes kesehatan dan tes wawancara akan digabungkan. Masing-masing menyumbang 40 dan 60 persen.

“Datang pi nilai kesehatan dengan nilai wawancara baru kita bisa pleno, karena dua tes ini jadi acuan. Wawancara 60 dan kesehatan 40,” ungkapnya.

Berdasarkan tahapan, kata Sulfan, nama-nama calon komisioner Bawaslu kabupaten se-Sulbar akan diumumkan pada 25 Juli atau hari ini.

Jika berjalan lancar, nama-nama yang masuk enam besar untuk lima kabupaten dan 10 besar khusus untuk Polman akan mengikuti fase akhir.

Menurut catatan Timsel, fit and proper test akan bergulir tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus mendatang. Kemudian akan disusul pleno penetapan komisioner Bawaslu terpilih pada 4-11 Agustus 2023.

Menanggapi isu soal adanya peserta titipan, Sulfan menyebut bahwa seleksi ini murni dari kemampuan masing-masing peserta dalam melewati setiap tahapan.

“Tidak ada calon titipan. Nanti kita lihatlah karena ini masih proses seleksi. Saya sendiri Timsel tidak tau siapa yang akan lolos, apalagi yang bukan Timsel. Kuncinya adalah proses tidak akan menghianati hasil,” katanya. (ami/chm)

  • Bagikan