Imigrasi Mamuju Perkuat Sinergitas Pengawasan Orang Asing di Mateng

  • Bagikan

MATENG, SULBAR EXPRESS – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan se-Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Senin 7 Agustus 2023.

Agenda ini dihadiri oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulbar, Kepala Kesbangpol Mamuju tengah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Kapolsek Tobadak, Kapolsek Budong-budong, Kapolsek Topoyo, Polsek Pangale, Koramil Mateng, Kecamatan Topoyo, Kementerian Agama Mateng, Kecamatan Tobadak, Dinas pariwisata, Dinas Kesehatan dan Dukcapil Mateng.

Kegiatan rapat dengan mengusung tema sinergitas dan kolaborasi Timpora dalam rangka optimalisasi Pengasawan Orang Asing dan Giat Operasi Gabungan di Kabupaten Mateng.

Kegiatan dimulai dengan Sambutan dari Kepala Divisi Keimigrasian  Kanwil Kemenkumham Sulbar, Andi Pallawarukka sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat Kabupaten dan tingkat kecamatan se-Kabupaten Mateng.

Soeryo Tarto Kisdoyo selaku Kabid Intelijen dan Pengawasan Kanwil Kemenkumham Sulbar menyampaikan materi terkait kebijakan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memberikan pelayanan keimigrasian yang cepat dan mudah bagi orang asing yang ingin berkunjung dan tinggal baik sementara maupun menetap, juga aturan guna menindak tegas orang asing yang melakukan pelanggaran hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat Indonesia.

Setelah penyampaian materi oleh narasumber, dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab. Dalam sesi diskusi dan tanya jawab ini, peserta rapat tampak antusias untuk menambah pengetahuan terkait tugas dan fungsi Timpora, jenis-jenis visa dan izin tinggal serta orang asing seperti apa yang dapat dikategorikan sebagai pelaku pelanggaran hukum di Indonesia.

Berkat kolaborasi yang baik diantara pemateri dan Kakanim sendiri yang mengikuti rapat hingga selesai, setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta dapat dijawab dengan lugas dan mudah dipahami oleh para peserta rapat.

Acara dilanjutan dengan operasi gabungan ke PT Astra Agro Lestari yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Operasi gabungan ini di ikuti oleh seluruh peserta rapat Timpora. Dalam kegiatan ini tidak ditemukan keberadaan tenaga kerja asing (TKA), sesuai informasi yang diberikan oleh masyarakat mengenai TKA di PT Astra Agro Lestari. (*)

  • Bagikan