Forum DAS Didorong Selesaikan Berbagai Problem Daerah Aliran Sungai

  • Bagikan
Sekprov Sulbar Muhammad Idris saat memebuka rapat pemilihan kepengurusan Forum DAS.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Sekprov Sulbar Muhammad Idris membuka Rapat Pemilihan Kepengurusan Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) Sulbar periode 2023-2028, Rabu 30 Agustus 2023.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, kehadiran Forum DAS dapat menjadi solusi menyelesaikan berbagai persoalan DAS.

Ia mengapresiasi kepengurusan yang ada lantaran kepengurusan berpikir dengan kesadaran dan konsen penuh agar keberadaan Forum DAS tetap menjalankan roda organisasi.

“Ini merupakan penyegaran apakah ada pengurus baru atau tetap yang lama, tetapi yang pasti kita memastikan organisasi harus lebih kuat kedepan,” kata Idris.

Ia mengatakan, forum tersebut menjadi penting dalam membantu pemerintah karena melibatkan berbagai pihak yang memiliki konsen yang sama terhadap DAS.

“Forum ini hadir untuk melakukan pengelolaan DAS, sebab masalah ini tidak dapat selesai hanya dilakukan pemerintah tetapi seluruh pihak,” ucap Idris.

Menurutnya, berbagai kerusakan ekosistem DAS dapat terjadi dan dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Sehingga kehadiran forum ini dapat menjadi kelompok yang bisa membuat studi yang mengatasi permasalah DAS agar tertangani dengan baik.

“Kalau tidak dari sekarang melakukan kampanye merubah cara berpikir masyarakat untuk menjaga DAS, kita akan kesulitan menemukan air di sungai. Ini warning bagi kita,” kata Idris.

Sungai yang ada saat ini banyak terjadi di hulu, termasuk pendangkalan yang tejadi di aliran DAS itu harus menjadi perhatian serius.

Kepala Badan Pengelolaan DAS Karama Marten Baturante mengatakan, pemilahan ini dilakukan sebagai upaya mendorong kepengurusan kedepan dapat semakin baik lagi.

“Kepengurusan hari ini diharapkan bisa melanjutkan kepengurusan yang lalu, sehingg Oktober dapat dikukuhkan lima tahun kedepan,” kata Marten.

Masalah lingkungan harus menjadi perhatian serius kepengurusan kedepan, sehingga forum ini diharapkan menjadi upaya untuk menyelesaikan berbagai persoalan. (*)

  • Bagikan