Nusantara Sail 2023, Tempuh 14 Jam Pelayaran, Relawan Terkesima

  • Bagikan
Salah satu relawan mendokumentasikan sandeq yang sedang berlayar menuju IKN.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Setelah meninggalkan perairan Mamuju, rombongan Sandeq yang hendak mengikuti Nusantara Sail 2023 di Kalimantan Timur, transit di Pulau Sabakkatang, Kepulauan Balabalakang, Mamuju.

“Kami tiba di Pulau Sabakkatang sekira setengah lima sore, 18 September, usai berlayar kurang lebih 14 jam dengan jarak tempuh 91 mil atau 160 km. Cuaca lumayan cerah dan angin dari selatan membantu perahu sandeq melaju sampai kecepatan 8 knot,” ungkap Muhammad Ridwan Alimuddin, peneliti maritim dan dokumentator kebudayaan Mandar, Senin malam, 18 September 2023.

Ia menceritakan, pelayaran memberi kesan mendalam ke teman-teman relawan yang ikut di sandeq. Pelayaran dari Sumareq, Mamuju, ke Pulau Sabakkatang adalah pelayaran jarak jauh pertama dengan sandeq.

Jika selama ini hanya beberapa km, kali ini sampai 160-an km. Mereka menikmati kegiatan “mattimbang”, yakni berdiri di “baratang” atau “palatto” saat perahu dilajukan.

“Saya pertama kali naik sandeq waktu acara Student on Sandeq Agustus lalu, tapi sebentar saja dan hanya di Teluk Majene. Tapi kali ini melintas Selat Makassar,” kata Azhari Surahman, fotografer dari Mamuju yang ikut sebagai volunteer di pelayaran sandeq dari Palipi ke Balikpapan.

“Seru dan menegangkan. Ini pengalaman pertama berlayar cukup jauh,” cerita Fahmira yang ikut di kapal pendamping.

Ridwan yang juga koordinator pelayaran sandeq ke Kalimantan mengatakan, pelayaran menggunakan sandeq dari Pulau Sulawesi ke Pulau Kalimantan dewasa ini adalah momen langka.

“Saya pribadi belum pernah berlayar pakai sandeq di rute tersebut. Maunya sih pakai sandeq, tapi saya memberi kesempatan ke teman-teman relawan untuk mendapatkan pengalaman berharga berlayar dengan sandeq dengan jarak cukup jauh. Ini memang tujuannya melibatkan teman-teman pemuda untuk terlibat di kegiatan ini, ikut berlayar yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi mereka,” kata Ridwan.

Pelayaran akan dilanjutkan pukul tiga dinihari, 19 September 2023. Tujuannya Kampung Mandar di Kampung Baru, Balikpapan. Di sana sandeq akan berlabuh semalam untuk kemudian menuju Pulau Balang, lokasi acara puncak Nusantara Sail yang rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. (*)

  • Bagikan