Rampai Nusantara Sulbar Sebut Pilpres Jauh dari Dinasti Politik

  • Bagikan
Ketua Dewan Eksekutif Wilayah Rampai Nusantara, Citra.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Ketua Dewan Eksekutif Wilayah Rampai Nusantara, Citra, menyampaikan sistem Pilpres saat ini sudah sangat demokratis dengan masyarakat sebagai penentu langsung. Jadi sangat keliru jika ada yang menilai proses ini bisa melahirkan politik dinasti untuk kepentingan politik kelompok tertentu.

“Rakyat kita sudah pintar. Tidak akan terkelabui karena sistem demokrasi kita saat ini baik pilkada maupun pilpres kan sudah langsung. Masyarakat yang menjadi penentu, pemilihan langsung dengan sangat terbuka, jauh dari sistem politik penunjukan seperti sebelum era reformasi yang sangat memungkinkan tumbuh politik dinasti,” jelas Citra, 21 Oktober 2023.

Menurutnya, politik dinasti saat ini justru tumbuh subur dalam sistem kepartaian yang banyak dikuasai oleh kelompok hingga keluarga tertentu.

“Kalo mau fair, yang kita lihat tumbuh politik dinasti justru di sistem kepartaian kita. Beberapa partai dikuasai oleh keluarga yang sangat dominan dan menjadi penentu penuh. Ini yang lebih membahayakan karena proses kaderisasi menjadi mandek,” tambah Citra.

Lebih lanjut, Citra menginginkan sistem demokrasi yang saat ini sudah berjalan dengan baik dimana rakyat menjadi penentu, harusnya partai politik juga mengikuti dengan melakukan regenarasi yang baik di dalamnya.

“Sistemnya sudah baik, tapi kalau partainya tidak membuka diri sebagai bagian dari lembaga publik yang harus membuka diri juga kalau tidak bisa mengancam demokratisasi di negara kita, kader-kader terbaik dalam partai politik bisa saja mandek karirnya karena tidak ada kedekatan misalkan dengan ketua umumnya,” pungkas Citra. (*)

  • Bagikan