BSNPG Sulbar Diharap Tingkatkan Partisipasi Pemilih

  • Bagikan
BSNPG Sulbar dan perwakilan kabupaten se-Sulbar. Mamuju, Minggu 26 November 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pengurus Badan Saksi Nasional Partai Golkar (BSNPG) se Sulbar telah terbentuk. Diproyeksi meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024.

Direktur Rekruitmen dan Pengembangan BSNPG Pusat, Nurmansyah mengatakan pada prinsipnya BSNPG tidak hanya mengawal dan memenangkan Golkar. Hadir untuk membantu penyelenggara meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu.

“Bagaimana mengajak para pemilih untuk hadir di TPS supaya tingkat partisipasi masyarakat semakin meningkat terus,” kata Nurmansyah dalam Training of Trainer (ToT) Partai Golkar di Hotel Maleo Mamuju, Minggu 26 November 2023.

Pihaknya juga memastikan agar Pemilu berjalan jujur dan adil. Karena itu, seluruh pengurus dituntut membantu mengawasi dan menekan praktik-praktik kecurangan yang mungkin saja akan terjadi di lapangan.

“Kita juga memastikan bahwa Pemilu ini benar-benar fair. Intinya kehadiran BSNPG di Sulbar ini diharapkan partisipasi pemilih dapat meningkat,” tegas Nurmansyah.

Ketua Harian Partai Golkar Sulbar, Irwan SP Pababari menyampaikan, ToT pengurus dan saksi di TPS nanti dalam rangka memantapkan misi BSNPG yaitu menjaga pemilih, menjaga TPS dan menjaga suara.

“Tiga poin ini secara teknis akan diimplementasikan kepada seluruh pengurus di setiap jenjang untuk itu dilakukan pembekalan. Kepada teman-teman pengurus di tingkat provinsi, kabupaten, tingkat kecamatan, sampai ke tingkat TPS,” ungkap Irwan.

Dijelaskan bahwa pembekalan sebagai wujud memberikan pemahaman terkait hal-hal yang harus dilakukan kedepannya.

“Di tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara), kami rekrut 2 saksi per TPS,” beber Irwan.

Dirinya berharap agar kehadiran kepengurusan BSNPG di Sulbar khususnya di masing-masing kabupaten betul-betul menjaga dan mengawasi proses Pemilu nantinya. Apalagi, saksi adalah ujung tombak gerakan karena bersentuhan langsung dengan pemilik suara.

“Mereka (saksi) ada di sana, sehingga kami membutuhkan skill dan kiat-kiat khusus dalam rangka bagaimana kita meraup dan menjaga suara sehingga proses Pemilu dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan,” urai Irwan.

Pembekalan kepada saksi-saksi ini, lanjut Irwan, juga dinilai akan dapat membantu pengawas Pemilu dalam menekan kecurangan atau hal-hal yang tidak diinginkan ketika proses Pemilu berlangsung.

“Kami pasti sharing dengan lembaga lainnya seperti Panwas atau pemantau pemilu yang bersifat independen karena kita punya visi dan tujuan yang sama, yakni Pemilu dapat berjalan damai tertib dan aman,” tandas Irwan.

Direktur Eksekutif BSNPG Sulbar, Usman Suhuriah mengungkapkan bahwa pembentukan pengurus itu sebagai upaya untuk memperkuat seluruh jajaran Badan Saksi Nasional (BSN) baik tingkat provinsi maupun kabupaten se-Sulbar.

“Kepengurusan BSNPG di Sulbar berkomitmen dengan waktu ataupun program yang ditetapkan pusat. Teman-teman harus fokus karena harapannya akan dilakukan juga training ke tingkat bawah,” kata Usman Suhuriah. (ami/chm)

  • Bagikan