Ganti Yakub F. Solon, Besok Muhammad Zain Dilantik Jadi Penjabat Bupati Mamasa

  • Bagikan
Dr. Muhammad Zein

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Selasa 19 September 2023 lalu, Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Famrulloh melantik Yakub F. Solon sebagai Penjabat Bupati Mamasa. Namun, baru tiga bulan menjabat, Yakub diganti.

Pemprov Sulbar telah mengagendakan pelantikan Penjabat Bupati Mamasa usai menerima keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adalah Dr. Muhammad Zain yang akan dilantik menjadi Penjabat Bupati Mamasa. Zein merupakan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag RI.

Kepala Diskominfo Sulbar Mustari Mula mengatakan, rencana pelantikan besok di Graha Sandeq Pemprov Sulbar, Senin 8 Januari 2024.

“Menindaklanjuti hal itu, Pemprov Sulbar mengagendakan pelantikan Pj Bupati Mamasa besok, Senin 8 Januari, di Graha Sandeq Kompleks Kantor Gubernur Sulbar,” kata Mustari.

Mustari menjelaskan penggantian penjabat bupati merupakan hal yang biasa terjadi dalam lingkup birokrasi. Tetapi penting dipahami bahwa mekanisme penggantian tersebut merupakan kewenangan dari Kemendagri atas dasar evaluasi yang dilakukan secara berkala.

“Evaluasinya itu sejak Pj Bupati dilantik, sejak itu dipantau, dan dievaluasi Kemendagri, ada juga dua Minggu sekali, sebulan sekali, dan konfirmasi hasil evaluasinya itu per triwulan,” jelas Mustari.

“Status penjabat ini adalah penugasan dan terus dievaluasi Kementerian, sehingga sewaktu-waktu dapat ditarik walaupun belum masa jabatan selama satu tahun,” tambahnya.

Mustari juga menyampaikan, atas nama Pemprov Sulbar menyampaikan terima kasih Yakob F. Solon dalam menjabat Penjabat Bupati Mamasa senantiasa berkoordinasi dengan Pemprov Sulbar dalam menjalankan agenda pemerintahan.

Dia pun mengucapkan selamat kepada Penjabat Bupati Mamasa yang baru, Muhammad Zain, dan berharap Pemkab Mamasa dan Pemprov Sulbar semakin bersinergi dalam menyukseskan agenda pembangunan, dan mensejahterakan masyarakat. (*)

  • Bagikan