Sosialisasi UU Lalu Lintas, Ipda Mandasari: Ini Langkah Peventif

  • Bagikan

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Standar keselamatan dalam berkendaraan dan pengenalan rambu-rambu serta tata tertib lalu lintas sangat perlu diterapkan kepada masyarakat terutama para pelajar di sekolah.

Keselamatan lalu lintas adalah suatu bentuk usaha untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang berupa keamanan dan kenyamanan.

Selain itu, keselamatan lalu lintas merupakan suatu program untuk menurunkan angka kecelakaan beserta seluruh akibatnya, karena kecelakaan mengakibatkan kerugian terhadap keluarga korban kecelakaan.

Faktor lalu lintas menyangkut besar kecilnya arus lalu lintas, kecepatan dan komposisi jenis kendaraan semakin beragam, maka potensi terjadi kecelakaan semakin besar.

Lalu lintas dan Angkutan Jalan diatur sebuah Undang-undang, yaitu Undangan-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Seperti yang disosialisasikan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Majene kepada siswa-siswi MTs Guppi Majene Kecamatan Banggae, Kamis 7 Maret.

“Satlantas Polres Majene kembali aktif memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya pelajar mengenai pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas,” terang KBO Satlantas Polres Majene Ipda Mandasari.

Kegiatan sosialisasi lanjutnya, dalam rangka Operasi Keselamatan Marano 2024. “Sosialisasi ini merupakan langkah preventif yang sangat penting untuk memberikan informasi serta edukasi kepada para pelajar tentang cara berlalu lintas yang aman di jalan raya,” tuturnya.

Ia berharap, kepada para pelajar dapat memahami dengan baik tentang aturan lalu lintas dan mengimplementasikan dalam kehidupan saat beraktivitas di jalan raya.

“Operasi Keselamatan Marano 2024 sebagai upaya Satlantas Polres Majene dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan berkendara,” ujarnya.

Ipda Mandasari menjelaskan, operasi keselamatan marano, tidak hanya melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas, tetapi juga mengedukasi masyarakat, terutama generasi muda, agar menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab.

“Selain sosialisasi di sekolah, Satlantas Polres Majene juga aktif melakukan razia dan patroli di berbagai titik rawan kecelakaan serta memberikan imbauan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas,” akunya.

Ia menambahkan, melalui sosialisasi dari Satlantas Polres Majene tentu diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Majene.

“Dengan pemahaman yang baik mengenai aturan lalu lintas, masyarakat dapat berperan aktif dalam menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib,” harapnya. (hfd)

  • Bagikan