Warga Minta Program Kesehatan Gratis dari Sutinah Terus Berlanjut

  • Bagikan
Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi saat Safari Ramadan di Kecamatan Tommo.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Kebijakan Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengalokasi anggaran untuk jaminan kesehatan gratis melalui BPJS Kesehatan terus mendapat perhatian dari warga.

Anggaran yang digelontorkan tiap tahun rata-rata Rp 60 miliar tersebut dirasakan sangat membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan.

Harmin (40), warga Desa Tammejarra Kecamatan Tommo yang saat ini masih menjalani perawatan di Puskesmas Tommo, mengaku sangat terbantu dengan adanya BPJS Kesehatan yang telah ditanggung biayanya oleh Pemkab Mamuju. Ia mengaku telah tiga hari ditawat intensif tapi belum pernah diminta membayar satu rupiah pun dari pihak puskesmas.

Sebab itu, ia dan suaminya mengharap agar program ini dapat dilanjutkan Bupati Mamuju agar masyarakat bisa terus terbantu, sebab tidak harus memikirkan biaya berobat yang terkadang dirasakan cukup mahal dan membebani masyarakat yang kurang mampu.

Dalam kegiatan safari Ramadan yang dilangsungkan di halaman kantor Camat Tommo, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menguraikan pesan-pesan keberlanjutan pembangunan.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat atas dukungannya selama ini dalam mendorong pelaksanaan pembangunan.

Meski mengakui belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan masyarakat akibat banyaknya tantangan yang dihadapi awal kepemimpinannya yang hanya berdurasi singkat, namun bupati yang akrab dengan sapaan Tina ini optimis sejumlah program yang dijalankan berpihak pada kepentingan masyarakat.

Sutinah menyebutkan, salah satu program yang membutuhkan komitmen besar adalah jaminan kesehatan gratis.

Menurutnya, untuk menganggarkan APBD sampai Rp 60 miliar pertahun sehingga Mamuju dapat mencapai UHC adalah keputusan yang mungkin tidak semua kepala daerah berani melakukannya.

Namun dengan komitmen atas janjinya kepada masyarakat, kebijakan tersebut telah dilakukan sejak awal kepemimpinannya di Mamuju.

“Kalau ini dirasakan menjadi program yang baik dan mau dilanjutkan, mari kita bulatkan komitemen kita untuk sama-sama meneruskan dan menyempurnakan program kerja Sutinah Suhardi pada season kedua. InsyaAllah saya juga 100 persen telah siap akan kembali mewakafkan diri untuk masyarakat Mamuju,” tegas bupati di hadapan masyarakat yang memadati lokasi safari Ramadan. (*)

  • Bagikan