Pantau Ketersediaan Bahan Pokok di Sulbar, Stok Masih Cukup Hingga Lebaran

  • Bagikan
Pihak Pusat Karantina Hewan, Keamanan Hayati Hewani dan Karantina Pertanian Mamuju saat melakukan pemantauan di Kabupaten Polman. - ist -

POLMAN, SULBAREXPRESS – Pusat Karantina Hewan, Keamanan Hayati Hewani dan Karantina Pertanian Mamuju melakukan monitoring ke Pasar Sentral Polewali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Monitoring itu untuk memastikan ketersediaan bahan pokok hasil pertanian selama Ramadan dan jelang hari raya Idul Fitri tetap terpenuhi di pasaran, Jumat 22 April 2022.

Saat melakukan pemantaua bersama Dinas Pertanian dan Pangan Polman, Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Wisnu Wasesa menyampaikan bahwa pihaknya melihat ketersediaan pangan masih cukup.

“Dari hasil pantauan kami dan diskusi dengan pedagang, diperoleh informasi bahwa ketersediaan pangan menyambut lebaran masih mencukupi dan harga relatif masih stabil,” ujar Wisnu.

Ia menegaskan, pemantauan ini merupakan amanah dari Menteri Pertanian Mentan) untuk terus mengawal ketersediaan pangan di seluruh Indonesia. “Dan kami pastikan di Sulbar masih aman, bahkan beberapa bahan pokok masih surplus,” tambah Wisnu.

Kepala Karantina Pertanian Mamuju Agus Karyono menjelaskan, monitoring ke pasar ini merupakan yang keempat, setelah sebelumnya mengunjungi Pasar Banggae Kabupaten Majene, Pasa Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, dan Pasar Regional Kabupaten Mamuju.

Adapun bahan pokok yang masuk dalam daftar monitoring yakni beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan minyak goreng. (*/ham)

  • Bagikan