Belanja Berkualitas, Penuh Integritas, untuk Ekonomi Sulbar yang Lebih Kuat

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – KPPN Mamuju mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Anggaran 2024 dengan mengundang seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) satker lingkup KPPN Mamuju.

Acara ini dimaksudkan sebagai upaya membangun sinergi, kolaborasi, dan koordinasi dalam pelaksanaan anggaran 2024, sekaligus sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pelaksanaan anggaran2023. Kegiatan Rakor tersebut dihadiri oleh seluruh kuasa pengguna anggaran satuan kerja mitra KPPN Mamuju.

Kegiatan dibuka oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala KPPN Mamuju. Kemudian dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan  Sulbar Tjahjo Purnomo.

Tjahjo menyampaikan bahwa tahun 2024 merupakan tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), sehingga Kementerian/Lembaga harus memprioritaskan dan mengawal program/kegiatan yang mendukung RPJMN agar dapat diselesaikan sebelum akhir masa jabatan Presiden RI.

Tjahjo juga berharap agar seluruh pengelola Proyek Strategis Nasional (PSN), Program Nasional (PN), serta Program penting lainnya, dapat terus mengakselerasi pelaksanaan anggarannya sehingga pada akhir triwulan I 2024 dapat menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang agresif dibandingkan tahun lalu.

Agenda dilanjutkan dengan sosialisasi langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2024 yang disampaikan oleh Kepala KPPN Mamuju Ferry Taufik Saleh.

Ferry menyampaikan bahwa nilai kinerja pelaksanaan anggaran satker lingkup KPPN Mamuju di akhir tahun 2023 mencapai 92,56 (kategori baik). Nilai ini mengalami peningkatan sebesar 1,28 poin dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Namun demikian, nilai kinerja tersebut masih dibawah nilai kinerja nasional yang berada di angka 95,01 (kategori sangat baik). Oleh karena itu, seluruh KPA diharapkan dapat mengawal pelaksanaan anggaran ini sejak awal tahun.

Di tahun anggaran 2024, KPPN Mamuju mengelola anggaran sebesar Rp 7,56 triliun yang terdiri atas belanja transfer Rp 3,77 triliun, belanja modal Rp 1,99 triliun, belanja barang Rp 1,09 triliun, belanja pegawai Rp 712 miliar dan belanja bansos Rp 117 juta.

Adapun apresiasi diberikan dalam bentuk penghargaan kepada satuan kerja dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik tahun 2023 dalam berbagai kategori penilaian.

Sesuai tema Rakor kali ini yaitu “Belanja Berkualitas, Penuh Integritas, untuk Ekonomi Sulbar yang Lebih Kuat”, KPPN Mamuju mengajak seluruh KPA untuk lebih mengedepankan belanja yang berkualitas, mengelola anggaran dengan nilai integritas yang tinggi sehingga perekonomian Sulbar dapat terus bertumbuh dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya semakin baik. (*)

  • Bagikan