TNI Rampungkan Empat Box Culvert

  • Bagikan
Prajurit TNI dibantu warga sedang merampungkan pembangunan box culvert dalam program TTMD di Pasangkayu. -- foto: penrem korem 142 tatag --

PASANGKAYU, SULBAREXPRESS – Program sasaran fisik maupun non fisik dilaksanakan pada TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 tahun 2022 di Kabupaten Pasangkayu, mulai rampung.

Program itu dijalankan melibatkan personel TNI dibantu Polri, Pemkab Pasangkayu dan warga.

Salah satu program yang dikerjakan adalah pembuatan box culvert sebanyak empat buah baik di Desa Kalukunangka Kecamatan Bambaira maupun di Desa Wulai Kecamatan Bambalamotu.

Box culvert adalah salah satu jenis beton precast yang sering digunakan pada konstruksi saluran air, sehingga kerap disebut juga dengan gorong-gorong. Tiap box culvert memiliki panjang 3 meter, lebar 5,5 meter, tinggi 2 meter, saat ini seluruh pengerjaannya telah mencapai 100 persen.

Menurut Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Novyaldi, pembangunan box culvert di dua desa itu merupakan akses utama warga yang menghubungkan antar dusun maupun desa.

“Dengan adanya pembuatan box culvert, secara otomatis memperlancar transportasi, khususnya pada bidang pertanian,” ucap Dandim 1427 Pasangkayu.

Ditambahkan, pengangkutan hasil produksi pertanian maupun sarana lainnya ke lokasi, saat ini akan lebih mudah dibanding sebelumnya.

Kauli, 48 tahun, seorang petani di Desa Wulai mengucapkan terima kasih atas adanya TMMD di desanya. Ia berharap agar TMMD seperti ini dapat terulang kembali tahun depan.

“Saya sangat bersyukur adanya TMMD di desa ini yang telah membangun dan memperbaiki desa kami, semoga kebaikan bapak-bapak TNI mendapat balasan dari Allah SWT,” ucapnya. (*/ham)

  • Bagikan