Fraksi Nasdem Minta Gubernur Sulbar Terbuka Soal Hasil Assessment Eselon II dan III

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulbar Muhammad Hatta Kainang

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Beberapa waktu lalu digelar assessment terhadap pejabat eselon II dan III lingkup Pemprov Sulbar.

Terkait proses tersebut, Sekretaris Fraksi Nasdem DPRD Sulbar Muhammad Hatta Kainang mengatakan, tahapan yang diinisiasi Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik tersebut hendaknya disampaikan juga ke DPRD Sulbar hasilnya.

“Kami meminta hasil assement pejabat eselon II dan III disampaikan ke DPRD Subar atau ke publik guna dijadikan bahan pengawasan dan perbandingan. Sehingga dalam proses penempatan jabatan nantinya dapat menjadi bahan evaluasi,” ucap Hatta Kainang, Kamis 11 Agustus 2022.

Hatta mengatakan, pihaknya menyadari bahwa tidak ada kewenangan dari DPRD dalam penentuan jabatan di eksekutif. Namun titik kritisnya adalah hasilnya bisa diakses secara terbuka, sehingga DPRD dan publik punya standar nilai atas hasil assessment.

“Hasil assessment pejabat ini bukanlah hal yang rahasia. Dan kami juga di DPRD perlu tahu karena proses assessment menggunakan anggaran APBD. Reformasi birokrasi dimulai dari ASN yang kompeten dan adanya manajemen terbuka,” tutur Hatta.

Hatta juga menegaskan bahwa publik Sulbar sangat kritis. Sehingga perlu ada keterbukaan atas hasil yang diassessment agar tercipta keadilan bagi yang memiliki kompetensi.

“Ini akan menjadi motifasi kedepan bagi para ASN di Sulbar. Sehingga faktor kedekatan bukanlah hal yang utama untuk menduduki jabatan, namun kompetensi adalah syarat utamanya,” tegas Hatta. (ham)

  • Bagikan