Gubernur Minta Muhammadiyah Ikut Tekan Pernikahan Anak di Sulbar

  • Bagikan
Ketua PW Muhammadiyah Sulbar Wahyun Mawardi (kiri) berbincang dengan Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, Kamis 18 Agustus 2022.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pernikahan usia anak masih menjadi permasalahan utama di Sulbar. Untuk itu Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik meminta Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulbar mencetuskan program penanganan pernikahan usia dini.

Hal itu disampaikan saat Akmal menyambut kunjungan dan silaturahmi Ketua Muhammadiyah Sulbar Wahyun Mawardi beserta jajaran di Rujab Gubernur Sulbar, Kamis 18 Agustus 2022.

“Tolong carikan solusi, untuk menekan perkawinan anak di bawah umur,” ujar Akmal.

Kata Akmal, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri, sebab itu diperlukan keterlibatan organisasi kemasyarakatan, termasuk Muhammadiyah menangani persoalan di daerah.

Salah satu usulan Dirjen Otoda Kemendagri ini, Muhammadiyah bisa bergerak mengidentifikasi usia anak yang rentan menikah, seperti anak putus sekolah, agar dirangkul dan diberikan ruang untuk melanjutkan sekolah.

“Sekolahnya ini disiapkan Muhammadiyah, dibiayai, nanti pemerintah dan Muhammadiyah bekerjasama upayakan biayanya,” ujar Akmal.

“Ketika ada yang mau menikah itu dimasukkan ke sekolah, minimal dapat menunda dulu pernikahan, utamanya perempuan, dibiayai sampai dia betul-betul matang,” sambung Akmal.

Tidak lupa, Akmal mengajak Muhammadiyah turut berkolaborasi pada program penanaman mangrove yang akan digelar dalam waktu dekat. (*)

  • Bagikan