Kembangkan Ekonomi Lokal, Dosen Unsulbar Bangun Sinergi Nasional

  • Bagikan

JAKARTA, SULBAR EXPRESS – Forum lintas komunitas yang tergabung dalam Indonesia Creative Cities Network (ICCN) melaksanakan Rakornas pada 27-29 September 2022, di Jakarta.

ICCN merupakan mitra strategis Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi dan UKM, serta mitra dari organisasi-organisasi Internasional yang berkecimpung dalam dunia ekonomi kreatif (ekraf).

Perhelatan akbar ICCN ini mengangkat tema “Jejaring Lokal Keren” yang dihadiri 225 jejaring kota/kabupaten dari seluruh Indonesia.

Haeruddin Hafid, akademisi dari Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) yang juga Ketua Umum Polman Creative Forum, berkesempatan hadir dalam acara tersebut.

“Rakornas kali ini sangat berkesan mempertemukan insan kreatif dari berbagai daerah dan saling menyuarakan potensi ekraf daerahnya masing-masing,” ujarnya, kemarin.

ICCN memiliki misi untuk membentuk kota kreatif dengan pendekatan konsep Hexa Helix. Konsep ini yang menekankan pada kolaborasi enam unsur yang terdiri dari akademisi, sektor bisnis, komunitas, pemerintahan, media dan agregator.

Kolaborasi Hexa Helix merupakan sebuah metode pendekatan yang komprehensif untuk melakukan pemetaan masalah dan upaya pemecahan solusi secara kreatif dalam mengakselerasi tumbuh kembangnya ekonomi kreatif kota/kabupaten. Ujarnya lagi.

Kolaborasi jejaring ekonomi kreatif nasional kali ini menghadirkan Menteri BUMN Erick Tohir yang juga sebagai Anggota Kehormatan ICCN, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama, Staf khusus Presiden Putri Tanjung , dan sepuluh kepala daerah kota/kabupaten sebagai lokal leaders juga hadir sebagai pembicara. (*)

  • Bagikan