BPJN Sulbar Imbau Pengendara Tetap Hati-hati

  • Bagikan
Kepala Kepala BPJN Sulbar Sjofva Rosliansjah foto bersama saat melakukan kunjungan di lokasi longsorĀ DusunĀ Sangiang.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, diimbau kepada para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati jika melintas selama pembersihan material longsor di Buttu Sangiang Dusun Sumakuyu Desa Desa Onang Kecamatan Tubo.

Imbauan ini, disampaikan Kepala Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Barat Sjofva Rosliansjah saat melakukan kunjungan di lokasi longsor Dusun Sangiang. “Lalu lintas akan ditutup saat hujan untuk mengurangi resiko kecelakaan tertimbun longsoran,” ujar Sjofva, Senin 31 Oktober.

Dijelaskan, untuk penanganan permanen akan dilakukan setelah kajian menyeluruh, agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan longsor. “Kita lakukan langkah untuk memetakan topografi dengan potongan memanjang dan melintang pada lokasi longsoran,” urainya.

Selain itu lanjutnya, juga dilakukan penyelidikan tanah atau disebut geologi secara menyeluruh pada lokasi longsoran, serta melakukan pengujian dan analisis laboratorium tanah dan menentukan penanganan yang akan dilakukan pada lokasi,” sebutnya.

Dituturkan, terdapat beberapa alternatif penanganan yang bisa dilakukan antara lain adalah penanganan lereng dengan menurunkan semua longsoran yang masih tersisa, pemasangan jaring pengaman jika masih memungkinkan, menggunakan bore pile yang dikombinasi dengan mortar ringan atau beton ringan.

“Untuk material badan jalan diganti dengan menggunakan beton ringan dan membuat pengaturan drainase pada lereng atas sehingga mengurangi air yang masuk ke lereng,” jelasnya. (hfd)

  • Bagikan