Kunjungi Budidaya Kepiting di Binuang, AIM: Silakan Berusaha asal Jangan Tebang Bakau

  • Bagikan

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Polman bagikan 3.000 benih kepiting kepada kelompok nelayan rumah zakat di Desa Mirring, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Sulbar.

Anak kepiting ini dibudidayakan di kawasan hutan bakau Mirring yang berbatasan langsung dengan tambak ikan dan udang millik warga setempat.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan bantuan benih kepiting diberikan kepada kelompok nelayan rumah zakat sejak dua bulan lalu. Ia berharap penerima bantuan sukses memanfaatkan kawasan hutan bakau untuk budidaya kepiting.

“Kepiting ini sudah ada empat jari besarnya, kami target umur empat bulan kepiting ini bisa dipanen” ujarnya di kawasan budidaya kepiting Mirring, Rabu lalu.

Menurut Ibrahim, saat panen nanti kepiting ini tidak susah dijual ke pasaran, sebab sudah ada pasar lokal dan restoran yang siap membeli kepiting hasil budidaya ini.

“Cuma kalau budidaya kepiting begini diperlukan ketekunan mengurus makanannya, dan ini baru pertama kali di Polman,” terangnya.

Selain itu, Ibrahim menyampaikan kepada pihak pengelola agar tidak merusak pohon yang tumbuh disekitarnya, sehingga budidaya kepiting sukses dan pohon bakau tetap terjaga.

“Kalau bikin tempat usaha boleh saja, asal jangan menebang pohon bakau ini,” tegas Ibrahim.

Sementara itu, Ketua Kelompok Nelayan Rumah Zakat Hamzah menuturkan penangkaran kepiting ini berkat dukungan dan pembinaan dinas kelautan dan perikanan Polman.

Pihaknya termotivasi melakukan budidaya kepiting ini karena mendapatkan dukungan dan masukan dari warga nelayan setempat.

“Umur kepiting ini telah jalan dua bulan dan kita melihat perkembangan kepitingnya masih cukup sehat,” pungkasnya. (ali/chm)

  • Bagikan