Pembukaan Porprov Sulbar 16 Desember di Pantai Manakarra, Pelaksana Berharap Tambahan Anggaran

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Sulbar akhirnya diputuskan bergulir mulai 16 Desember 2022 mendatang di Kabupaten Mamuju.

Sampai kemarin, pengerjaan Stadion Manakarra sebagai venue utama Porprov 2022 Sulbar masih berproses. Kontraknya baru selesai pada 27 Desember 2022.

Hampir bisa dipastikan, pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) di tempat ini, terutama sepakbola dan atletik akan tersendat.

Di tengah polemik kesiapan venue plus kendala anggaran tambahan, para pihak terkait memutuskan tetap menjalankan Porprov tahun ini.

“Kita sudah sepakat bahwa pelaksanaan Porprov dilaksanakan di Mamuju tanggal 16 sampai 23 Desember 2022. Ini berdasarkan keputusan bersama,” kata Wakil Ketua (Komite Olahraga Nasional Indonesia) KONI Sulbar, Muhammad Hamzih, Kamis 17 November 2022.

Jadwal tersebut diputuskan setelah dua kali revisi waktu pelaksanaan. Yakni pada November, kemudian dimundurkan lagi ke awal Desember. Kesiapan tuan rumah Mamuju menjadi kendala utama.
Pengunduran jadwal ini, akibat dari seluruh venue olahraga di Pemkab Mamuju belum siap secara keseluruhan.

“Dari hasil survei kami itu, semua venue itu mengalami kendala, ada dua kendala seperti cuaca dan anggaran,” ujar Hamzih yang juga Ketua Tim Delegate Porprov IV Sulbar.

Ia mengatakan, panitia yang terlibat dalam Porprov itu melibatkan dua unsur panitia yaitu panita Penyelenggara dari KONI dan panitia pelaksana Pemkab.

Setelah menetapkan jadwal Porprov 2022, kendala lain yang dihadapi adalah permintaan penambahan anggaran yang dilakukan oleh tuan rumah kepada pemerintah provinsi.

“Dan sekarang kita sudah minta kepada ketua KONI untuk berkomunikasi kepada gubernur untuk memfasilitasi hal itu,” sebut Hamzih.

Diketahui, anggaran pelaksanaan non fisik Porprov Sulbar telah dimaksimalkan. Item-item yang dianggap pemborosan pun dihapus. Hasilnya, Pemprov menggelontorkan hibah Rp 10 miliar ditambah anggaran senilai Rp 5 miliar dari Pemkab Mamuju.

“Setelah finalisasi pada rapat sebelumnya ada sekitar Rp 4,4 miliar lebih. Panpel (Mamuju) siapkan Rp 1 miliar. Nah sisanya Rp 3,4 ini akan kita carikan. Nanti KONI Sulbar akan bicara dengan Pj gubernur untuk mencari solusi,” beber Hamzih.

25 Cabang Olahraga

Pembukaan Porprov direncanakan bergulir di Pantai Manakarra, pada 16 Desember 2022.

Sementara di lapangan dari 25 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingankan, sebagian venue masih dalam proses perbaikan dan pembenahan.

Meski begitu pihak PU Pemkab Mamuju memastikan sebagian besar venue dapat digunakan pada tanggal 11 Desember mendatang.

“Tetapi dua hal yang tidak bisa diyakinkan seperti stadion dan venue atletik, tetapi kita berharap itu bisa diselesaikan,” jelas Hamzih.

Sayangnya kata Kepala Dispora Sulbar itu, dua cabor terpaksa tidak diikutkan; balap motor dan pacuan kuda. Terkendala kesiapan lapangan.

“Sebenarnya tidak ada hambatan jika mau bekerja keras, hanya selama ini terjadi mis antara panitia penyelenggara dan panitia pelaksana,” beber Hamzih.

Ia berharap seluruh pihak bergotong royong mensukseskan Porprov IV di Mamuju.

Pelaksana Harian (Plh) Ketua Panpel Porprov Sulbar, Khatmah Ahmad mengatakan, KONI Sulbar sudah memberikan beberapa masukan dan solusi. Itu agar anggaran pelaksanaan bisa lebih efektif dan efisien.

“Kita terkendala dengan venue-venue dan sebagainya, tapi alhamdulillah, semua bisa teratasi. Porprov bisa kita laksanakan dengan baik,” ujarnya usai rapat bersama KONI Sulbar, Selasa 15 November 2022. (idr/chm)

  • Bagikan