Pemprov Siap Bantu Bibit Kopi untuk 100 Hektar Lahan di Mamasa

  • Bagikan

MAMASA, SULBAR EXPRESS – Kopi arabika dan robusta Mamasa menjadi salah satu produk unggulan di Sulbar. Bahkan sudah beberapa kali menjuarai kontes kopi baik tingkat nasional maupun internasional.

Olehnya, Penjabat Gubernur Sulbar , Prof Zudan Arif Fakrulloh berharap seluruh pihak menyebarluaskan kopi Mamasa sebagai produk unggulan provinsi ini.

“Yang namanya produk unggulan kita harus disebarluaskan ke seluruh Indonesia dan seluruh dunia,” kata Zudan saat berkunjung ke salah satu UMKM Kopi Mamasa yakni CV Poki Cahaya Abadi, di Mamasa, Sabtu 17 Juni 2023.

Penyebarluasan kopi Mamasa dapat dilakukan dengan menyajikan kopi Mamasa kepada setiap tamu dari luar yang datang ke Sulbar. Termasuk pada acara pemda. Begitupun sebaliknya, setiap keluar daerah agar mempromosikan kopi asal Sulbar kepada daerah yang dikunjungi.

Selain itu, lanjut Sekretari BNPP itu,   semua outlet yang ada di Sulbar  menyajikan kopi Mamasa, serta melibatkan anak-anak muda melakukan promosi melalui media sosial.

“Orang Sulbar beli produk Sulbar dan orang Sulbar pakai produk Sulbar, ini akan mendorong ekonomi Sulbar,” sambung Zudan.

Pemprov sendiri akan terus mendorong produksi kopi Mamasa sebagai produk unggulan. Salah satunya melalui bantuan bibit. Sebagaimana direncanakan akan mengucurkan bantuan bibit Kopi untuk 100 hektar perkebunan kopi di Sulbar.

“Kita juga akan mengusahakan bantuan dari pusat,” kata mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri itu.

Bupati Mamasa Ramlan Badawi berterima kasih atas kunjungan serta dukungan Penjabat Gubernur Sulbar. Pemkab Mamasa pun berkomitmen mendorong UMKM di Mamasa, termasuk UMKM yang memproduksi Kopi Mamasa melalui sejumlah program dan bantuan bibit.

“Kita terus mendukung dan kita akan kelola secara profesional agar dapat bersaing dengan kopi lainnya di Indonesia,” ungkapnya. (*)

  • Bagikan