Menengok Sinergitas TNI-Polri di Pasangkayu, Pantau Penyaluran BLT

  • Bagikan

SINERGITAS TNI dan Polri hendaknya semakin kuat hingga ke tingkat desa. Itu tidak lain untuk bersama menjaga kamtibmas khususnya di Kabupaten Pasangkayu, Sulbar.

Laporan:
Andi Safrin Mahyuddin
Pasangkayu, Sulbar

Sinergitas itu setiap saat terlihat dalam berbagai kegiatan. Mulai dari pengamanan event-event besar tingkat kabupaten hingga kegiatan di wilayah teritorial desa.

Seperti ditunjukkan Babinsa Kodim 1427 Pasangkayu Serda Saeri Yayan N bersama Bhabinkamtibmas Polres Pasangkayu Bripka Hamdani, mereka melakukan pemantauan dan pengawasan penyaluran Bantuan Lansung Tunai (BLT) di Aula kantor Desa Rondomayang, Kecamatan Bambalmotu, Kabupaten Pasangkayu, Senin 19 Juni 2023.

Komandan Kodim 1427 Pasangkayu Letkol Inf Rachmat Yunus, saat dikonfirmasi pun menyampaikan seluruh personel TNI yang melakukan tugas diharuskan selalu bersinergi, dengan Polri dan pemerintah.

“Terkhusus para Babinsa, dalam melaksanakan tugas kesehariannya di wilayah teritorial, tentunya diharuskan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan pemdes,” ujar Dandim.

Karena, menurutnya, keberhasilan sebuah program kerja dan lahirnya kondusifitas suatu daerah atau wilayah, salah satunya ditentukan oleh adanya sinergitas antar jajaran. Kalau di tingkat desa ada kepala desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Jadi saya kira kita semua sepakat, jika sinergitas berjalan dengan baik, segala sesuatunya juga berjalan dengan aman dan kondusif. Dan itulah yang kita inginkan”, tutur lulusan Akmil 2003 ini.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Pasangkayu AKBP Chandra Kurnia. Ia mengemukakan bahwa pemantauan penyaluran bantuan merupakan salah satu tugas rutin Bhabinkamtibmas kepada masyarakat binaannya, sehingga terrjalin interaksi yang baik.

“Jadi itu salah satu tujuannya supaya warga binaan dapat berinteraksi dengan Bhabinkamtibmas, menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta mencari informasi yang berkembang di masyarakat agar tercipta situasi yang aman dan kondusif,” ujar Chandra.

Menurutnya, apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Rondomayang Bripka Hamdani saat dirinya menghadiri dan memantau langsung penyaluran BLT di wilayah kerjanya, bisa menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanz serta untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungan guna mencegah terjadinya gangguan.

“Untuk itu, kami sangat berharap sekali, dengan hadirnya Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat mendapat respon yang positif dari masyarakat,” tutur alumni Akpol 2002 ini. (*)

  • Bagikan