Popnas 2023, Sulbar Kirim 51 Atlet Bertarung di 9 Cabor, Safaruddin Berharap Emas

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh dan Kepala Dispora Sulbar Safaruddin Sanusi saat pelepasan atlet Sulbar menuju Popnas.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Para pelajar se Indonesia akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), mulai 26 Agustus hingga 4 September 2023.

Popnas 2023 ini akan mempertandingkan 22 cabor dan 335 nomor pertandingan. Jumlah peserta mencapai 10.000 orang, terdiri dari 2.000 tim official cabor, dan 6.946 tim official kontingen.

Dalam Popnas ini Provinsi Sulbar juga ambil bagian. Penjabat Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh melepas 87 kontingen Sulbar untuk berlaga pada Popnas di Palembang.

Prof Zudan mengaku berbahagia melihat para atlet muda Sulbar. Sembilan cabor yang diikuti atlet Sulbar pada Popnas tahun ini, harus disukuri lantaran tidak semua bisa menjadi bagian dari tim Sulbar.

“Ini harus disukuri dengan tingkat kesukuran yang tinggi, dengan memberikan teknik terbaik dalam bertanding,” kata Zudan, kemarin.

Disela itu, Prof Zudan memberikan semangat kepada para atlet muda Sulbar. Menurutnya, puncak dari olahraga adalah menjaga sportifitas dan mahkota olahraga. Dengan begitu puncak kemenangan yaitu dengan memberikan tehnik terbaik dengan penuh kebanggaan.

“Puncaknya adalah mengharumkan nama baik Sulbar. Untuk mewujudkan rencana kita yaitu membangun prestasi tinggi di cabang olahraga kuncinya tidak usah memandang lawan. Karena lawan sesungguhnya adalah terdapat dalam diri kita sendiri. Dan yang terpenting adalah ingat doa kedua orang tua minta ridho orang tua,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulbar Safaruddin Sanusi mengatakan, sebelum dilepas seluruh kontingen telah mengikuti  training center mulai 11 sampai 24 Agustus.

Ia mengatakan, Popnas tahun ini kontingen Sulbar mengikuti sebanyak 9 cabor dengan memberangkatkan 87 delegasi, terdiri dari 51 atlet, 14 pelatih, dan 16 pendamping.

“Harapan kami para atlet ini sungguh-sungguh dan serius mengikuti Popnas di Palembang. Dan meskipun di tengah keterbatasan, tidak mungkin kita bisa menjuarai semua cabor. Tapi kita berharap ada salah satu yang betul kita mendapatkan prestasi terbaik yaitu emas,” kata Safaruddin.

Ia berharap, beberapa cabor yang telah menorehkan prestasi seperti dayung, takraw dan karate, sebelumnya pernah mendapat prestasi dan diharapkan tahun ini dapat kembali menorehkan prestasi yang sama. (*)

  • Bagikan