Popnas XIV Palembang, Sulbar Raih 3 Medali dan Bertengger di Peringkat 23

  • Bagikan

PALEMBANG, SULBAR EXPRESS – Usai sudah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Sekprov Sumsel S.A. Supriono mewakili gubernurnya menutup event tingkat pelajar berskala nasional ini di Dinning Hall Jakabaring, Minggu malam, 3 September 2023.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar Agus hadir mewakili Pemprov Sulbar di acara penutupan, serta sejumlah atlet, pelatih, official dan pendamping.

Berdasarkan hasil akhir Popnas XVI 2023,  kontingen Sulbar berhasil meraih 3 medali, masing-masing: 1 medali emas dan 2 medali perak.

Medali emas diraih oleh atlet jalan cepat Sulbar Ainul Yakin. Sementara dua medali perak diraih oleh atlet balap sepeda putra, Muhammad Yahya Usman, dan tim takraw putri Sulbar.

Pada Popnas kali ini, peringkat 1 diraih oleh DKI Jakarta, disusul Jawa Barat, dan Jawa Timur. Lalu DIY, Sumsel dan Kaltim. Sedangkan kontingen Sulbar hanya mampu meraih posisi ke 23 dari 34 provinsi.

Di bawah Sulbar ada Sulawesi Utara (Sulut) di urutan ke 24, Kepulauan Riau (Kepri) di posisi ke 25, Kalimantan Utara (Kaltara) di posisi ke 26, Maluku Utara di posisi 27, Papua di posisi 28, Gorontalo di posisi 29, Sulawesi Tengah (Sulteng) ke 30, Sulawesi Tenggara (Sultra) ke 31, Bangka Belitung di posisi 32, Maluku di posisi 33, dan Papuan Barat di posisi 34.

Di Popnas, Sulbar hanya mengirimkan 51 atlet untuk mengikuti 9 cabang olahraga (cabor) dari 22 cabor yang dipertandingkan.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulbar Agus mengakui kemampuan para atlet Sulbar dapat mengimbangi permainan tim-tim yang selama ini terbina dengan baik di seluruh provinsi.

“Sudah sangat luar biasa pencapaian ini. Lawan kita adalah tim yang sudah terbina dengan baik. Karena itu, perjuangan anak-anak kita sudah luar biasa di Popnas XVI 2023 ini,” kata Agus, Senin 4 September 2023.

Kepala Dispora Sulbar Safaruddin Sanusi DM juga menyampaikan rasa bangga atas perjuangan para atlet muda Sulbar.

“Perolehan tiga medali oleh tim atlet Sulbar adalah prestasi yang sudah luar biasa. Tidak mudah mencapai posisi ini. Kita hanya mengirim atlet sedikit, berbeda dengan provinsi yang lain. Tapi kita sudah mampu bersaing dan bisa mengalahkan 10 provinsi lain,” kata.

Menurutnya, kedepan dibutuhkan pembinaan secara maksimal kepada atlet-atlet muda menuju event atau kejuaraan di tingkat Nasional lainnya.

“Termasuk kita akan maksimalkan juga para atlet menuju Pekan Olahraga Nasional di Aceh dan Sumatera Utara 2024 mendatang,” tegasnya.

Safaruddin menyebut, tiga medali yang diraih Sulbar merupakan kado peringatan HUT Sulbar ke 19.

“Insya Allah, peraih medali ini akan mendapatkan apresiasi dari bapak Penjabat Gubernur Sulbar yang akan diserahkan pada momentun HUT Sulbar 22 September 2023 ini,” ujarnya.

Safaruddin menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pihak atas kelancaran dan suksesnya kontingen Sulbar di Popnas XVI Palembang 2023.

“Terimakasih atas dukung pak Gubernur, pak Sekda, DPRD Sulbar. Kemudian kepada para atlet, pelatih, orang tua atlet, pendamping dan official dan seluruh warga Sulbar atas doanya semua,” ucap Safaruddin.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada ruan rumah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, kepada panitia Popnas. Pelayanannya sungguh luar biasa,” tutup mantan Kadis Kominfo Sulbar ini. (*)

  • Bagikan