TMMD Berakhir di Pasangkayu, Program Terealisasi

  • Bagikan
Upacara penutupan TMMD dan serah terima program TMMD di Lapangan Desa Ako.

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Setelah sebulan penuh membantu masyarakat, program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD yang ke 118 yang digelar oleh Kodim 1427 Pasangkayu, resmi ditutup, Kamis 19 Oktober 2023.

Penutupan TMMD tersebut ditandai dengan upacara dilanjutkan penandatanganan serah terima pekerjaan TMMD, dari Dandim 1427 Letkol Inf Rachmat Yunus kepada Bupati Pasangkayu yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan M Yunus Alsam, dan dihadiri Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki, serta unsur Forkopimda, di Lapangan Bola, Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu.

Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki menyebutkan, TMMD yang dijalankan selama sebulan ini bertujuan membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana kita dalam hal ini TNI bisa ikut membangun daerah dari desa. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga bagian dari tanggungjawab kami sebagai TNI,” ucap Danrem.

Usai upacara, Dansatgas TMMD, Letkol Inf Rachmat Yunus menjelaskan, TMMD yang digelar sejak 20 September hingga 19 Oktober 2023, TNI melakukan pembangunan fisik dan non fisik.
Untul sasaran fisik, TNI membangun jalan rabat beton sepanjang 150 meter, drainase sepanjang 150 meter, pembukaan jalan sepanjang 3.000 meter, plat duicker, box calvert, TPA, dan RTLH 3 unit.

Sementara sasaran non fisik, TNI melakukan berbagai macam program. Diantaranya, pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian, penyuluhan narkoba, dan anjangsana.

“Untuk program TMMD Kodim Pasangkayu tahun ini, kita fokuskan di Desa Ako dikarenakan kebutuhan masyarakat di Desa Ako ini menjadi prioritas dalam program TMMD,” sebut Rachmat Yunus yang juga sebagai Dandim 1427 Pasangkayu ini.

Mewakili bupati, Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Pasangkayu M. Yunus Alsam mengungkapkan,
TMMD ke 118 Kodim Pasangkayu ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemkab Pasangkayu.

Ia berharap, dengan adanya program ini masyarakat di Desa Ako pada umumnya Pasangkayu merasa terbantu dalam meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian desa.

“Seperti pada tujuan utama dari TMMD Kodim Pasangkayu ini, kita sangat berharap membangun daerah dari desa, untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (ndi)

  • Bagikan