Operasi Pelanggaran Lalu Lintas, Kasat Lantas Polres Majene Gagas Program Kebersihan

  • Bagikan
Kasat Lantas Polres Majene AKP Andri Aryansyah bersama warga menggelar program kebersihan di pantai Pelabuhan Passarang.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Lingkungan yang bersih mencerminkan kualitas hidup masyarakat, dan juga menjamin terjaganya kesehatan setiap individu.

Selain buruk bagi kesehatan lingkungan yang kotor juga tentu tak sedap dipandang mata dan rawan akan berbagai persebaran penyakit.

Untuk itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan manfaatnya bagi kehidupan sangat nyata adanya.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan, Polres Majene membuat program Lingkungan Bersih Pelanggaran dan Lingkungan Bersih Sampah.

Program yang patut mendapat acungan jempol ini telah digagas Kasat Lantas Polres AKP Andri Aryansyah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tata tertib berlalu lintas dan menjaga kebersihan alam sekitar.

“Program Lingkungan Bersih Pelanggaran dan Lingkungan Bersih Sampah kembali digelar di sekitar jalan masuk Pelabuhan Passarang Kecamatan Banggae,” ujar AKP Andri Aryansyah, Jumat 15 Desember.

Ia menjelaskan, personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Majene melakukan operasi di jalan raya dengan menargetkan pelanggaran lalu lintas yang kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, kendaraan tanpa spion, dan tidak menggunakan TNKB.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk menciptakan keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas yang terkendali (Kamseltibcarlantas), tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan alam sekitar,” jelasnya.

Diuraikan, sebelumnya telah melaksanakan penegakan hukum di jalan raya dengan sistem stasioner maupun hunting system. “Para pelanggar yang terjaring akan diberikan edukasi, dan diminta untuk bergabung dalam kegiatan sosial bersama Satlantas Polres Majene serta masyarakat setempat untuk membersihkan sampah di sekitar pantai Pelabuhan Passarang,” terangnya.

Dikatakan, program Lingkungan Bersih Pelanggaran dan Lingkungan Bersih Sampah akan digelar secara berkelanjutan pada setiap minggu. “Semoga upaya yang kami lakukan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Majene untuk lebih patuh terhadap aturan lalu lintas serta menjaga alam dari sampah,” harapnya.

Andri Aryansyah menekankan, pentingnya menjaga kebersihan dan melestarikan alam, sehingga diharapkan seluruh masyarakat Majene lebih peduli terhadap lingkungan dan tempat tinggal serta mematuhi aturan untuk mencegah terjadinya ketidaknyamanan dan kerusakan alam akibat tumpukan sampah.

“Tertib berlalu lintas bukan hanya karena takut kepada aparat kepolisian, tapi lebih kepada keselamatan. Aturan lalu lintas dibuat untuk melindungi para pengendara, dan kecelakaan dimulai dari pelanggaran. Untuk karena itu, mari bersama-sama menjaga keselamatan dan kebersihan lingkungan kita,” pintanya. (hfd)

  • Bagikan