Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit, Babinsa Kodim Pasangkayu Ajak Warga Karya Bakti

  • Bagikan

PASANGKAYU, SULBAR EXPRESS – Memasuki musim penghujan, Babinsa di lingkup Kodim 1427 Pasangkayu terus menggalakkan program karya bakti sebagai bentuk kepedulian kebersihan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Teroterial (Pasiter) Kodim 1427 Pasangkayu Kapten Inf Ismail di sela karya bakti bersama warga di Bululanga, Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Kamis 1 Februari 2024.

Menurutnya, karya bakti membersihkan parit dari sampah di musim penghujan ini bertujuan mengantisipasi terjadinya banjir. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengantisipasi munculnya jentik nyamuk penyebab DBD di tengah warga.

“Saat memasuki musim penghujan, kita harus waspada banjir dan penyakit DBD yang disebabkan sampah menjadi genangan air. Kita harus memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar untuk bisa hidup sehat,” tutur Kapten Inf Ismail.

Seperti hari ini karya bakti bersama TNI dan rakyat membersihkan rumput-rumput dan sampah dan botol plastik minuman kemasan yang berada di selokan atau parit yang dapat menghambat aliran air.

“Saya kira banjir dan lingkungan tidak sehat, adalah masalah serius yang perlu diatasi bersama”, sambung mantan Danramil 02 Bambalmotu ini.

Dikonfirmasi terpisah, Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Czi Dony Siswanto menambahkan, kegiatan karya bakti terus digalakkan TNI saat ini di setiap wilayah teritorial. Itu merupakan instruksi pimpinan dalam menghadapi musim penghujan yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Karya bakti ini terus kita galakkan, di setiap tingkatan, mulai dari kabupaten hingga di desa. Ini adalah arahan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjutak, dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya banjir dan wabah penyakit”, jelas mantan Danyon Zeni Konstruksi 13/KE ini.

Ia juga berharap, dengan adanya karya bakti yang terus tergalakkan saat ini, selain bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, juga bisa menjaga hubungan silaturahmi antara TN dan rakyat.

“Semoga kerja sama ini tetap berkesinambungan agar terjalin silaturahmi antara TNI dan warga masyarakat,” harap Dandim lulusan Akmil 2004 ini. (ndi)

  • Bagikan