Musrenbang Kabupaten Majene, Zudan: Menyusun RKPD Dibutuhkan Kecermatan

  • Bagikan

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan media untuk menghasilkan suatu kesepakatan antara subjek dan objek pembangunan mengenai rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Hal ini diungkapkan Bupati Majene Andi Achmad Syukri pada kegiatan Musrenbang 2024 di ruang Pola Kantor Bupati Majene, Senin (25/03/2024).

“Musrembang tingkat Kabupaten Majene ini juga dirangkaikan penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2025,” terang Andi Syukri.

Dijelaskan, RKPD Kabupaten Majene 2025 merupakan penjabaran tahun ke empat dari visi misi Majene Unggul, Mandiri dan Religius (UMR) yang tertuang dalam dokumen RPJMD Kabupaten Majene 2021-2026.

“Perencanaan pembangunan di Kabupaten Majene 2025, difokuskan pada tema pembangunan akselerasi pengembangan SDM dan potensi SDA dalam menunjang kemandirian daerah, dan kepada Pj. Gubernur Sulbar dapat memperhatikan sekaligus membantu Kabupaten Majene melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK), seperti, penurunan angka prevalensi stunting, kemiskinan ekstrim, pengembangan food estate dan anak putus sekolah,” pintanya.

Ketua DPRD Majene Salmawati meminta kepada Pj. Gubernur Sulbar dan Bupati Majene, agar memastikan pembangunan gedung Fakultas Kedokteran dilaksanakan di Kabupaten Majene sesuai yang dicangkan dari awal sebagai kota pendidikan.

Ditempat yang sama Pj. Gubernur Sulbar Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, menyusun RKPD sangat dibutuhkan kecermatan dalam mengurai kebutuhan daerah, prioritas dan non prioritas.

“Pembangunan infrastruktur sangat menjadi prioritas untuk menggerakkan perekonomian ekonomi, seperti halnya, perbaikan ruas jalan ketimbang pembangunan pagar sekolah dan pengadaan bibit kopi,” tuturnya.

Hadir dalam Musrenbang, Sekprov Sulbar, Sekda Majene, jajaran Pemrov Sulbar, jajaran Pemkab Majene, Anggota DPRD Sulbar Dapil Majene serta Forkopimda Majene. (hfd)

  • Bagikan