Bikin Manchester United Babak Belur, Arsenal Panaskan Persaingan ke Liga Champions

  • Bagikan
Gelandang Arsenal Granit Xhaka merayakan gol ke gawang Manchester United.

LONDON, SULBAREXPRESS – Arsenal naik ke empat besar klasemen sementara Premier League. Itu setelah The Gunners berhasil mengandaskan Manchester United dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-34 di Stadion Emirates, 23 April 2022.

Gol-gol Nuno Tavares, Bukayo Saka, dan Granit Xhaka cuma mampu dibalas sekali oleh United melalui Cristiano Ronaldo. Tambahan tiga angka membuat Arsenal mengambil alih peringkat keempat dari tangan Tottenham Hotspur.

Arsenal meraup 60 poin dan unggul dua poin dari Tottenham yang bermain imbang 0-0 melawan Brentford. Sedangkan United (54) tak beranjak dari urutan keenam. Artinya, kompetisi menuju posisi empat besar dan berebut jatah Liga Champions semakin ketat.

Pertandingan baru berusia tiga menit ketika Arsenal membuka keunggulan. Yakni melalui kesigapan Tavares menyambar bola muntah hasil tembakan Saka. Tembakan Saka itu, tak diantisipasi sempurna oleh kiper David de Gea.

United nyaris membalas pada menit ke-23. Tetapi, tembakan spekulatif Diogo Dalot masih membentur mistar gawang. Lalu, empat menit kemudian, gawang United kembali jebol. Kali ini oleh Eddie Nketiah.

Gol itu menciptakan drama VAR. Sebab wasit Craig Pawson menganulirnya karena offside. Tetapi lantas menghadiahi tuan rumah dengan tendangan penalti karena menilai Alex Telles melanggar Saka dalam proses yang sama.

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Saka. Dia mengecoh De Gea untuk menggandakan keunggulan Arsenal pada menit ke-32.

Dua menit berselang, sebuah pergerakan Ronaldo berhasil mengalahkan Tavares maupun Gabriel Magalhaes. Ronaldo lantas menyambut umpan silang akurat kiriman Nemanja Matic dan memperdaya kiper Arsenal Aaron Ramsdale. United memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Gol itu menggenapi raihan gol ke-100 Ronaldo di Liga Premier. CR7 menjadi menjadi pemain pertama yang bisa mencatatkan hal serupa di tiga kompetisi termasuk La Liga Spanyol dan Liga Champions.

Skor 2-1 bagi Arsenal bertahan hingga turun minum. Arsenal mengawali babak kedua dengan sebuah kesalahan tak perlu. Yakni saat Tavares kedapatan menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak terlarang. Wasit Pawson lantas menunjuk titik putih.

Sayangnya, Bruno Fernandes yang maju jadi algojo gagal mengkonversi tendangan penalti. Itu setelah bola sepakannya membentur tiang. Ronaldo kemudian menjebol gawang Arsenal lagi pada menit ke-60. Cuma, golnya dianulir karena offside.

Arsenal memantapkan kemenangan menjadi 3-1 pada menit ke-70. Yakni saat Xhaka melepaskan tembakan kaki kiri jarak jauh. Itulah gol terakhir yang terjadi dalam pertandingan kali ini. (jpg)

  • Bagikan