RSUD Polewali Layak Jadi Rumah Sakit Jejaring Pendidikan di Sulbar

  • Bagikan
Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar menyerahkan cinderamata kepada Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid. -- foto: ahmad gazali --

POLMAN, SULBAREXPRESS – Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melakukan visitasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sebagai rumah sakit jejaring pendidikan di Sulbar.

Selain itu dilakukan juga visitasi tim Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dalam rangka penyelenggaraan pelayanan hemodialisa serta penyuluhan penyakit gagal ginjal dan CAPD di RSUD Polman, Selasa 12 Juli 2022.

Dihadapan tim Fakultas Kedokteran Unhas, Direktur RSUD Polewali dr Anita memaparkan visi misi, kapasitas daya tampung dan pelayanan medis modern RSUD Polewali.

“RSUD Polewali didirikan tahun 1975 di Jalan Andi Depu. Kemudian tahun 1987 pindah lokasi di Jalan Dr Sam Ratulangi sampai sekarang,” ujarnya.

Selain itu, Anita menyampaikan bahwa RSUD Polewali merupakan satu-satunya rumah sakit pusat rujukan di Sulbar. Bahkan pasien dari Kabupaten Pinrang, Sulsel, ada yang dirujuk ke RSUD Polewali, utamanya kasus penyakit anak.

“RS Polewali pada tahun 1987 memiliki hanya kapasitas tempat tidur 75, sekarang kapasitas tempat tidur sudah berjumlah 487,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar (AIM) mengucapkan terima kasih kepada tim visitasi Fakultas Kedokteran Unhas yang telah mempercayakan RSUD Polewali sebagai rumah sakit jejaring pendidikan.

“Ibu Direktur harus secepatnya persiapkan persyaratan yang diminta tim dari Fakuktas Kedokteran Unhas, karena saya mau RSUD ini semakin maju,” pinta bupati.

Menurut Bupati, RSUD Polewali merupakan yang terbaik di Sulbar. Ini dipersembahkan kepada masyarakat selama ia menjabat Bupati Polman dua periode.

“Gunakan RSUD ini sebaik-baiknya, karena saya telah berjuang pergi mengemis anggaran ke Jakarta untuk membangun RSUD ini, Kalau RSUD ini bagus, Insya Allah masyarakatnya sehat, begitupun pemdanya. Saya minta tenaga medis bekerja profesional berdasarkan aturan yang berlaku,” paparnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof Dr. dr. Haerani Rasyid mensupport RSUD Polewali sebagai rumah sakit jejaring pendidikan di Sulbar, dengan pertimbangan RSUD Polewali memiliki tenaga medis, peralatan medis dan gedung yang memenuhi persyaratan.

“Melihat dari visual, RSUD Polewali sepertinya memenuhi syarat sebagai rumah sakit jejaring pendidikan di Sulbar,” tuturnya. (ali/ham)

  • Bagikan