Capaian Sulbar Rendah, Dinkes Kembali Canangkan Imunisasi Anak, Kali Ini Media Digandeng

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAREXPRESS – Peran media dalam menyosialisasikan informasi kepada masyarakat sangatlah penting. Untuk itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar bekerjasama UNICEF menggandeng media untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait imunisasi anak.

Hal ini dibahas dalam agenda Media Briefing “Ayo sukseskan Bulan Imunisasi Anak (BIAN)” yang dihadiri Konsultan Unicef Sulbar Evawaty, Kebid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Sulbar Indahwati Nursyamsi serta puluhan awak media, di Coffee Shop 77, Mamuju, Sabtu 16 Juli 2022.

Disebutkan bahwa vaksinasi anak terdiri dari vaksinasi BIAN campak Rubella, imunisasi Kejar OPV, imunisasi Kejar IPV serta imunisasi Kejar DPT-HB-Hib.

Berdasarkan data dari Dinkes Sulbar per 15 Juli 2022, jumlah capaian imunisasi anak di provinsi ini masih sangat rendah, dimana jumlah sasarannya sebanyak 334.102, tapi yang sudah diimunisasi baru di angka 122.243 atau sekitar 36,6 persen.

“Untuk Kabupaten Mamuju, sasarannya itu sebanyak 74.701 namun baru terealisasi sebanyak 17.344 atau 23,2 persen,” terang Indahwati Nursyamsi.

Dari enam kabupaten di Sulbar, kabupaten Mamuju lah yang sangat rendah capaian vaksinasinya. Sedangkan Kabupaten Mamasa lumayan tinggi. Secara keseluruhan, Sulbar sama sekali belum mendekati target nasional yakni 80-90 persen.

“Kendalanya itu kadang anak mau tapi orang tua tidak mengizinkan, kadang juga sebaliknya, orang tuanya mau tapi anaknya takut,” keluhnya.

Untuk itu, perlu dorongan dari pemerintah agar masyarakat khususnya para orang tua dapat mengetahui manfaat dari imunisasi dan dapat mengedukasi anak-anaknya agar tidak takut di imunisasi.

Untuk itu, pihaknya menggandeng media sebagai partner publikasi untuk menyosialisasikan kegiatan imunisasi anak ini kepada masyarakat, bukan hanya tentang capaian target namun kepada kesehatan anak-anak juga.

“Intinya adalah mari kita sama-sama bergerak untuk menyukseskan dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang BIAN ini, kemitraan kita harus berjalan, bukan hanya tentang kegiatan ini saja,” terang Konsultan Unicef Sulbar Dokter Evawaty.

Diketahui bahwa imunisasi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, selain untuk kesehatan, juga dapat mencerdaskan dan membantu menumbuhkembangkan anak-anak. (*)

  • Bagikan