Pemudik Jangan Khawatir Melintas di Sulbar, Pemerintah Siapkan 118 Fasilitas Kesehatan

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Memasuki puncak arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah, para pemudik tak perlu khawatir melintas di Sulbar.

Pemprov Sulbar bersama pemkab di provinsi ini telah menyediakan 118 fasilitas kesehatan. Itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi situasi darurat selama mudik lebaran. 

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar drg. Asran Masdy mengatakan, kerjasama antara pemprov dan pemkab untuk menyiapkan 118 faskes di enam kabupaten sebagai langkah antisipatif dalam menghadapi keadaan darurat selama musim mudik.

Selain itu, berbagai posko juga telah disiapkan di beberapa titik dari perbatasan Sulbar – Sulteng sampai perbatasan Sulbar – Sulsel untuk memberikan layanan kesehatan dan layanan lain kepada para pemudik.

Asran menegaskan bahwa pihaknya telah memberi instruksi kepada seluruh tenaga kesehatan untuk tetap beroperasi seperti biasa selama liburan ini. Meskipun demikian, ada beberapa pegawai yang tidak fungsional diberi izin cuti.

“Pelayanan kesehatan di pos-pos mudik juga kami siapkan secara gratis untuk dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Asran.

Tak lupa ia mengingatkan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memeriksa kesiapan kendaraan mereka serta kesiapan fisik pribadi.

Selain itu, kepada para pemudik yang berpuasa untuk makan sahur terlebih dahulu sebelum perjalanan. Juga pentingnya istirahat apabila merasa lelah selama perjalanan, serta menyarankan untuk tidak menggunakan doping atau narkoba saat mengemudi. Keselamatan penumpang harus menjadi prioritas utama bagi para pengemudi. (*)

  • Bagikan