Beragam Manfaat Bersepeda di Pagi Hari untuk Kesehatan Fisik dan Mental

  • Bagikan

Bersepeda merupakan olahraga yang sangat mudah dilakukan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental.

Bersepeda juga dapat dijalankan saat pagi hari maupun sore hari, memungkinkan kita untuk bersantai sambil menikmati udara segar dan sejuk.

Tidak hanya sebagai kegiatan olahraga, bersepeda juga bisa menjadi pilihan moda transportasi yang populer untuk bepergian baik ke kantor, kampus, maupun sekedar berbelanja.

Bersepeda di pagi hari bisa membawa berbagai manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Radar Surabaya, berikut adalah beberapa manfaat dari bersepeda:

1. Mengontrol Berat Badan

Jumlah kalori yang terbakar saat bersepeda tentu berkaitan dengan durasi, kecepatan, dan jarak yang ditempuh. Perlu diperhatikan bahwa keberhasilan dalam diet juga tergantung pada pola makan yang sehat.

2. Menambah Stamina pada Tubuh

Bersepeda di pagi hari tentu tidak hanya membawa manfaat dalam mengontrol berat badan, tetapi juga dapat menambahkan stamina pada tubuh kita.

Aktivitas ini sangat efektif dalam memperkuat jantung dan paru-paru, terutama saat kita menjalankannya dalam durasi yang lebih lama.

3. Mengurangi Stres

Bersepeda secara teratur sangat berguna dalam meredakan stres dan membantu tubuh menghasilkan hormon endorfin.

Hormon endorfin memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan perasaan nyaman dan meningkatkan suasana hati. 

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Selain bisa memberikan manfaat untuk kesehatan fisik, bersepeda juga dapat meningkatkan kinerja otak. Kegiatan ini dipercaya dapat mengurangi penurunan fungsi kognitif dan risiko demensia.

Saat kita mengayuh sepeda, aliran darah ke otak dapat meningkat dan memberikan dukungan yang optimal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dianjurkan bersepeda selama 45-60 menit setiap hari.

5. Kemungkinan Terhindar Terkena Kanker

Bersepeda memiliki potensi untuk terhindar dari penyakit kaner, serta memberikan manfaat bagi individu yang sedang dalam proses pemulihan dari penyakit mematikan ini.

Meski demikian, penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan ii dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

6. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Selain terhindar dari terkena penyakin kanser, bersepeda juga terbukti sangat efektif dalam menurunkan risiko dari terkenanya penyakit jantung.

Bersepeda secara rutin akan mengoptimalkan fungsi jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah.

Selain itu, bersepeda juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, menurunkan kadar lemak dalam darah, dan dapat memperkuat otot jantung.

7. Kesehatan dalam Pernapasan

Kita tentu sering merasakan lelah lebih cepat saat sedang beraktivitas, bersepeda secara teratur tentu merupakan solusi yang tepat. Karena saat bersepeda kita dapat meningkatkan kesehatan pada sistem pernapasan.

8. Meningkatkan Suasana Hati

Dampak positif lainnya pada kesehatan mental adalah dapat meningkatkan suasana hati.
Saat bersepeda tubuh kita memproduksi hormon dopamin yang dapat meningkatkan perasaan kebahagiaan dan dapat mengurangi gangguan pada kecemasan.

9. Mengatasi Insomnia

Bagi yang sering merasakan sulit tidur atau insomnia, bersepeda adalah solusinya. Karena indomnia umumnya dipengaruhi oleh tingginya aktivitas hormon kotisol.

Kita cukup bersepeda selama 20-30 menit di pagi hari, hal ini dapat membantu kita dalam mengatasi masalah pada insomnia.

10. Tingkatkan Keseimbangan, Kekuatan, dan Koordinasi Otot Tubuh

Selanjutnya adalah peningkatan kekuatan otot tubuh, Saat bersepeda, kemampuan untuk menjaga keseimbangan agar dapat mengayuh dengan lancar dan menghindari terjatuh menjadi krusial.

Hal ini tentunya menjadikan bersepeda adalah aktivitas yang dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi otot tbuh secara menyeluruh.

Tidak hanya itu, bersepeda juga dapat menjadi salah satu bentuk latihan yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami osteoporosis.

Itulah sepuluh manfaat dari bersepeda di pagi hari yang dapat kamu lakukan mulai sekarang. Selain memberikan kesenangan, bersepeda tentu dapat memberikan berbagai keuntungan. (jpc)

  • Bagikan