Pemprov-Pemkab Mesti Kolaborasi Tangani Permasalahan Anak

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulbar dan Kapolda Sulbar pada peringatan Hari Anak Nasional, Jumat 29 Juli 2022.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS — Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik meminta adanya langkah kolaboratif dalam penanganan terhadap masalah yang dihadapi anak-anak saat ini. Kolaborasi itu antara provinsi dan kabupaten.

Disebutkan, beberapa masalah yang dihadapi saat ini, mulai persoalan stunting, kekerasan anak, hingga pernikahan dini. Untuk menyikapi hal itu, perlu dibentuknya kelompok sadar perwakilan dini.

“Saya akan membentuk kelompok sadar pernikahan usia dini, ini menjadi persoalan riil yang dihadapi Sulbar. Kita ingin semua bergerak, niat saja tidak cukup,” ungkap Akmal pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Marasa Corner Kompleks Kantor Gubernur Sulbar, Jumat 29 Juli 2022.

Selain itu, masih kata Akmal, anak juga harus mendapatkan layanan hidup bersih. Sebab ia melihat masih banyak sekolah belum melakukan itu utamanya dalam hal pengolahan sampah yang belum baik, mengajarkan agar anak ingin menggunakan produk lokal yang ada.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sulbar Jamila Haruna mengatakan, peringatan HAN sebagai momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa untuk menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air,” kata Jamila.

Selain itu, pihaknya berkomitmen untuk terus menekan angka kekerasan anak dan eksploitasi anak.

“Mendorong pemerintah, dunia usaha dan lembaga untuk ikut bersama melakukan pemenuhan dan perlindungan anak,” tandasnya. (*)

  • Bagikan