Hasyim Harap Penyelenggara Pemilu 2024 Solid

  • Bagikan

KENDARI, SULBAR EXPRESS – Ballroom Claro Hotel Kendari, Sultra, Rabu 19 Oktober 2022, dipadati 1.720 orang.

Anggota KPU Sulbar Adir Arwan Alimin, melaporkan bahwa di momentum ini Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari membuka Rapat Koordinasi Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu 2024 serta peluncuran SIAKBA dan SIMPEG KPU.

Dalam pertemuan itu peserta datang dari KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota se-Indonesia menyaksikan prosesi pembukaan yang ditandai pemukulan gong oleh Ketua KPU RI yang didampingi anggota KPU RI Mochammad Afifuddin, Yulianto Sudrajat, August Mellaz, Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno. Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung pun hadir di acara ini.

Dalam sambutannya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyampaikan, acara ini sangat penting dalam rangka mempersiapkan rekrutmen badan adhoc tingkat kecamatan maupun desa dan kelurahan.

Menurutnya, data penyelenggara yang lengkap sangat diperlukan untuk menata organisasi agar semakin solid, terorganisir, “manageable” dalam rangka pelayanan KPU pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Hasyim juga menekankan penyelenggara Pemilu harus bekerja secara tertib.

“Salah satu azas penyelenggaraan Pemilu adalah bekerja secara tertib. Tata kelola KPU harus dapat menunjukkan bahwa KPU adalah lembaga yang bersifat nasional, tetap dan mandiri,” tegas Hasyim.

Saat memberikan materi, Ahmad Doli Kurnia Tandjung memaparkan bahwa penyelenggara Pemilu adalah orang-orang penting yang memajukan pembangunan Indonesia, terutama pembangunan politik.

“Penyelenggara Pemilu adalah orang-orang penting yang dapat memajukan pembangunan Indonesia, terutama pembangunan politik,” ucap Doli.

“Indonesia telah memilih sistem pemilu demokratis sebagai koreksi sistem politik masa lalu. Saat ini masyarakat semakin cerdas, semakin ‘melek’, sehingga pengambilan keputusan politik harus melibatkan masyarakat,” sambungnya.

Rakor ini juga dihadiri Deputi Bidang Dukungan Teknis, Eberta Kawima, Plt Deputi Bidang Administrasi Purwoto Ruslan Hidayat, Pejabat Eselon II dan jajaran Sekretariat Jenderal KPU, beserta jajaran Anggota KPU, Kepala Bagian, Kepala Subbagian yang menangani Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. Serta Operator SIAKBA KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kab/Kota se-Indonesia, agenda nasional ini dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 19-22 Oktober 2022.

Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Sulbar Adi Arwan Alimin menyampaikan kegiatan ini sangat penting sebagai titik tolak dalam proses rekrutmen Badan Adhoc.

Kata Adi, konsolidasi nasional ini sangat penting sebagai proses awal rekrutmen badan adhoc penyelenggara Pemilu yang akan dilaksanakan pada 16 November 2022 mendatang.

“Kami berharap sebagai pelaksana teknis KPU Kabupaten/Kota perlu diberikan bekal yang cukup agar dapat melakukan proses rekrutmen ini secara profesional. Agar adhoc yang dihasilkan dalam proses ini adalah badan penyelenggara Pemilu yang berkualitas, profesional, jujur dan mandiri,” tutupnya. (*)

  • Bagikan