Penjaringan Anggota KPU Sulbar Dimulai Pekan Ini

  • Bagikan
Timsel KPU Sulbar saat mengikuti bimtek KPU RI di Jakarta, Selasa 7 Februari 2023.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Personel Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Sulbar periode 2023-2028 kini bersiap membuka pendaftaran. Bakal dimulai 10 Februari 2023.

Tahapan ini menyusul tuntasnya pembekalan bagi seluruh anggota Timsel. Mereka adalah Amiruddin Pabbu, Dewi Hesti Handayani, Ahmad Multazam, Muhammad, dan Robert Petannang Borrong.

Ketua Timsel KPU Sulbar Amiruddin Pabbu menjelaskan bahwa pihaknya segera melakukan pengumuman terkait jadwal dan tahapan seleksi.

“Insya Allah kami Timsel sepakat untuk informasikan secara kolektif dalam waktu dekat ini terkait,” kata Amiruddin saat dikonfirmasi, Selasa 7 Februari 2023.

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang ditekankan KPU RI kepada Timsel KPU Sulbar. Salah satunya bagaimana menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagaimana amanah yang telah diberikan.

“Kami juga melakukan penandatanganan pakta integritas yang dihadiri seluruh Komisioner KPU RI dan Sekjen KPU RI beserta setiap timsel di 20 provinsi,” ujarnya.

Personel Timsel lainnya, Ahmad Multazam mengatakan, pembekalan yang dilakukan KPU RI umumnya membahas seputar teknis pelaksanaan pendaftaran calon KPU.

Sebelumnya Ketua KPU Sulbar, Rustang mengatakan, Akhir Masa Jabatan (AMJ) seluruh komisioner KPU Sulbar berakhir tahun ini. Tepatnya akhir Mei 2023.

“Masa kerja timsel biasanya tiga bulan setelah ditetapkan. Kalau timsel di kabupaten belum ada,” tandasnya.

Diketahui berdasarkan jadwal yang diperoleh dari KPU RI pendaftaran calon anggota KPU provinsi akan dimulai pada pekan ini.

Tahapan pendaftaran akan berlangsung selama enam hari. Mulai 10 Februari hingga 21 Februari.

Para pendaftar yang lulus berkas, selanjutnya akan menjalani serangkaian ujian. Antara lain, seleksi tertulis, tes psikologi hingga wawancara.

Ujian tersebut akan menjaring 10 nama untuk diserahkan ke KPU RI untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan. Adapun tanggal tes akan ditetapkan KPU RI untuk menjaring lima nama terpilih. (idr/chm)

  • Bagikan