Amran Sulaiman Ajak ICMI Wujudkan Swasembada dan Jadikan Indonesia Lumbung Pangan

  • Bagikan
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

MAKASSAR, SULBAR EXPRESS – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak kader Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) mendukung upaya pemerintah mewujudkan swasembada pangan.

“Kita ini harus menjadi lumbung pangan bagi negara lain dan lahan 10 juta ha ini bisa kita siapkan untuk generasi kita di masa mendatang,” ujar Mentan pada National Leadership Camp ICMI di kampus Tamalanrea, Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat 3 November 2023.

Menurut Mentan yang juga Ketua Umum Ikatam Alumni Universitas Hasanuddin, sudah saatnya Indonesia mengembalikan keadaan dari importir beras dan beberapa komoditas menjadi negara ekspor pangan dunia.

Bagi Amran yang berpengalaman swasembada pangan saat menjadi Mentan tahun 2014-2019 hal tersebut bisa dilakukan.

“inilah saatnya produksi nasional ditingkatkan melalui penyediaan benih, pupuk, alsintan hingga memperkuat kerjasama dan kolaborasi dengan semua pihak,” kata Amran di hadapan ribuan mahasiswa, alumni dan pengurus ICMI.

Amran mengajak ICMI karena sektor pertanian bisa mendorong dan membuat Indonesia menguasai dunia.

Salah satunya dengan mengoptimalkan lahan pertanian yang belum tergarap.

Mentan menjelaskan contoh rawa siap digarap yang saat ini mencapai 10 juta hektar dan tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Amran, 10 juta hektar lahan rawa tanah mineral tersebut apabila digarap secara optimal dapat memberikan dampak besar terhadap produksi nasional.

Dia pun merasa yakin swasembada beras dapat dicapai secara cepat jika lahan rawa mendapat perhatian dari semua pihak.

“Kita sekarang ini impor 3,5 juta ton beras dan ini angka yang sangat besar sekali. Karena itu kita harus bekerja keras untuk meningkatkan produksi beras dalam negeri. Bagaimanapun juga kita harus bisa mengekspor pangan terutama untuk kemanusiaan,” katanya.

Kalau tidak bisa di-rem, begitu bertemu titik kebutuhan dengan produksi dan “meledak” tahun berikutnya siap-siap impor 5 juta ton.

Ditambahkan Mentan, krisis pangan yang saat ini ada di depan mata hanya bisa diantisipasi dengan peningkatan produksi pertanian.

Dia berharap krisis yang terjadi saat ini jangan sampai berlanjut karena dapat berakibat buruk pada krisis politik yang mengarah pada kekacauan.

“Saya selalu katakan kalau krisis pangan ini terjadi maka akan melompat menjadi krisis politik dan akan menjadi kesulitan bagi kita semua. Sekali lagi mari kita tingkatkan produksi pertanian,” ungkapnya.

Diketahui, dunia saat ini sedang dihadapkan pada krisis pangan akibat kondisi geopolitik dunia dan dampak perubahan iklim sehingga setiap negara fokus untuk menyediakan kebutuhannya masing-masing.

Turut hadir di antaranya Ketua Umum ICMI Arief Satria, Rektor Unhas Profesor Jamaluddin Jompa, Sekretaris Jenderal IKA Unhas Prof. Yusran Jusuf dan sejumlah jajaran ICMI Pusat.

Universitas Hasanuddin berkolaborasi dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggelar National Leadership Camp dengan topik “Penguatan Ekosistem Pembangunan Umat dan Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia yang Kuat dan Bermartabat”. (*)

  • Bagikan