HKN 2022, Pemkab Mamuju Komitmen Tingkatan Layanan Kesehatan

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS –  Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, kembali diperingati di Kabupaten Mamuju, Sulbar.

Salah satunya melalui event pekan olahraga raga dalam memeriahkan HKN yang dipusatkan di Kecamatan Tommo.

Membuka gelaran yang di ikuti oleh para tenaga kesehatan dari semua kecamatan itu, Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi, memberi apresiasi kepada para tenaga kesehatan. Menurutnya, tenaga kesehatan adalah ujung tombak pemerintah dalam menjawab espektasi masyarakat terhadap lahirnya layanan kesehatan terbaik. Sehingga keberadaannya sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian.

Secara umum Sutinah menyebutkan, sebagai bentuk komitmen Pemkab Mamuju yang menjadikan visi Mamuju Keren sebagai tujuan pembangunan lima tahun, telah melakukan berbagai langkah konkret untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. 

Layanan dimakasud mulai dari Jaminan Jesehatan Semesta yang merupakan program kesehatan gratis melalui BPJS Kesehatan yang dibiayai melalui APBD Mamuju. Layanan ini telah memberikan jaminan yang hampir tidak ada lagi masyarakat Mamuju yang tidak tercover dalam kepesertaan BPJS kesehatan.

Demikian halnya dalam meningkatkan mobilisasi layanan kesehatan terus mendapat perhatian serius. Bahkan tahun ini Pemkab Mamuju kembali akan mendistribusikan 13 ambulance untuk membantu masyarakat yang mengalami kondisi darurat.

Kata bupati, dari 13 ambulance tersebut 3 diantaranya adalah bantuan dari perbankan dalam hal ini BRI dan BNI, selebihnya 10 ambulance di biayai melalui APBD Mamuju.

Dan tidak kalah mendapat perhatian adalah upaya Pemkab Namuju dalam mendorong peningkatan sumberdaya internal tenaga kesehatan, yang ditunjukkan melalui rekrutmen PPPK tenaga kesehatan yang tahun ini akan mengakomodasi 250 formasi, terutama bidan dan perawat untuk penugasan di wilayah terpencil. (*)

  • Bagikan