Balitbangda Sulbar Koordinasikan Penyusunan Rencana Induk Kelitbangan dengan LPPM Unhas

  • Bagikan

MAKASSAR, SULBAR EXPRESS – Kepala Balitbangda Sulbar Safaruddin Sanusi DM menggelar pertemuan dengan pihak LPPM Unhas yang diwakili oleh Sekretaris LPPM Unhas, Dr. Ir. Abdul Rasyid Jalil, di Makassar, Sulsel, Senin 1 Agustus 2022.

Ikut dalam pertemuan ini kepala bidang Bidang Pemsosbud dan pejabat fungsional peneliti Balitbangda Sulbar. Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada Juli 2022 dalam rangka membangun ekosistem riset dan inovasi yang terarah dan berkesinambungan.

Balitbangda Sulbar merencanakan akan berkolaborasi dengan LPPM Unhas. Dalam upaya menguatkan posisi tawar RIK, akan dibuatkan peraturan daerah (perda). Dengan begitu, RIK memiliki kekuatan hukum.

RIK atau rencana induk kelitbangan mencakup beberbagai aspek, sehingga dalam penyusunannya akan melibatkan tim ahli dari berbagai disiplin ilmu yang diambil dari Balitbangda dan pihak LPPM Unhas. Tujuannya, agar RIK keya dengan berbagai menu yang nantinta akan di break down menjadi program penelitian dan pengembangan.

langkah awal penyusunan RIK ini tim ahli LPPM Uhnas akan melakukan Forum Group Discussion dengan OPD di Pemprov Sulbar untuk menggali atau mengeksplorasi pokok-pokok pikiran masing-masing kepala OPD yang akan menjadi pemahaman dari dasar dalam penyusunan RIK. Sehingga RIK tidak terkesan miskin gagasan.

Balitbangda Sulbar membangun kerjasama dengan LPPM Unas dalam rangka menyusun Rencana Induk Kelitbangan.

Hal ini dimaksudkan agar kegiatan penelitian dan pengembangan memiliki arah dan tujuan yang jelas. Rencana Induk Kelitbangan ini sasarannya adalah terintegrasi dengan RPJMD tahun 2024. (*)

  • Bagikan