Sebentar Lagi Passandeq Tinggalkan Pulau Salissingan Menuju Kaltim, Rute Lebih Jauh dan Berbahaya

  • Bagikan
Perwakilan para Passandeq saat rapat membicarakan teknis pelayaran mereka malam ini dari Pulau Salissingan ke Manggar, Kaltim,

MAMJJU, SULBAR EXPRESS – Seharian berisitirahat di Pulau Salissingan, Kepulauan Balabalakang, Kabupaten Mamuju, para passandeq peserta Festival Sandeq akan melanjutkan pelayaran menuju Pantai Manggar, Kaltim.

Lebih sejam lalu perwakilan 33 passandeq berembuk membicarakan teknis pelayaran mereka. Dijadwalkan passandeq akan berlayar jam 12 malam ini.

“Tadi jam 9 kami melakukan pertemuan dengan perwakilan passandeq membicarakan teknis keberangkatan malam ini menuju Manggar,” kata Ketua Tim Lomba Festival Sandeq 2022 Muhammad Ridwan Alimuddin, Selasa malam, 6 September 2022.

Ia mengatakan, tahap terakhir ini memiliki tantangan khas. “Pertama, karena kami berangkat lebih dini di malam hari. Jadi berlayar dalam kondisi gelap lebih lama. Berbeda dengan pelayaran dari Mamuju ke Pulau Ambo, hanya 3 jam dalam kondisi gelap,” urainya memulai penjelasan.

Kedua, jalur yang akan dilalui adalah jalur berkarang dan padat pelayaran. Banyak kapal besar lewat. “Itu relatif berbahaya karena kami berlayar berombongan,” lanjutnya.

Ketiga, tujuan akhir dalam hal ini Pantai Manggar. Sebagian besar belum pernah didatangi para pelayar menggunakan perahu. Jadi harus betul-betul dipandu. Beda kemarin-kemarin, mereka sudah tahu tujuan akhirnya. Jadi bisa berlayar sendiri-sendiri.

“Keempat, kali ini kita ada deadline harus tiba jam berapa. Soalnya esok sore itu adalah acara menyambut passandeq. Beda dengan perjalanan kemarin dan hari ini tidak ada ketentuan harus tiba jam berapa,” jelas Ridwan.

Kesimpulannya, pelayaran yang terakhir ini harus betul-betul hati-hati, tapi tiba tepat waktu. “Mudah-mudahan cuaca oke sebagaimana prakiraan BMKG,” imbuhnya.

Prakiraan cuaca Pulau Salissinggan – Balikpapan tanggal 7 September 2022 pukul 00.00 wita – 08.00 wita, cuaca berawan, kecepatan angin 6 – 10 knot dari Timur Laut, ketinggian gelombang 0,75 – 1,25 meter.

Kemusian Prakiraan Cuaca Pulau Salissinggang – Balikpapan pada 7 September 2022 pukul 08.00 Wita – 20.00 wita, cuaca hujan ringan, kecepatan angin 6 – 10 knot dari Tenggara, dan ketinggian gelombang 0,75 – 1,25 meter. (ham)

  • Bagikan