Dorong Penguatan Kewirausahaan Bagi Warga Binaan Lapas dan Rutan di Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pembinaan kemandirian bagi warga binaan harus terus dijaga bahkan ditingkatkan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di Sulbar.

“Sehingga memberi nilai manfaat kepada warga binaan dan masyarakat ketika mereka telah menjalani masa pidana,” ujar Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Parlindungan, dalam keterangan resminya, kemarin.

Ia mencontohkan bentuk pembinaan yang dijalankan pihak Rutan Majene dengan beragam hasil karya kerajinan tangan narapidana maupun tahanan yang menempati Rutan Majene.

Pembekalan terkait dunia kewirausaan warga binaan diharap tidak pernah surut.
Hal tersebut juga disampaikannya saat meninjau bengkel kerja salah satu UPT Pemasyarakatan di Rutan Majene bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, Robianto, Minggu 8 Januari 2023.

“Lapas dan Rutan di Sulbar akan terus memberikan pembinaan kemandirian kepada seluruh warga binaan sebagai bekal Berwirausaha ketika menjalani masa pidana mereka disini,” tegas Parlindungan.

Pembinaan kata dia, merupakan bagian dari komitmen Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka melaksanakan tujuan pemasyarakatan.

“Banyak hasil karya yang telah dibuat oleh para warga binaan disini, diantaranya pembuatan kursi, anyaman lidi, pembuatan kaligrafi dari pasir serta banyak lagi kerajinan lainnya dari hasil pembinaan para petugas Rutan Majene,” papar Parlindungan.

Ia juga mengapresiasi upaya Rutan Majene yang terus memperkenalkan hasil karya warga binaannya melalui galeri hasil karya warga binaan.

Di Majene, Kakanwil Kemenkumham Sulbar juga meminta kepada jajaran Rutan Kelas IIB Majene untuk terus memberikan kinerja terbaik.

“Sebagai abdi negara memiliki kewajiban memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tak terkecuali bagi warga binaan,” tegasnya.

Parlindungan juga mengajak jajaran Rutan Majene untuk melaksanakan komitmen yang telah ditetapkan dalam rangka pencapaian tujuan pemasyarakatan.

Tidak kalah pentingnya, kepada pegawai agar menghindari hal yang tidak terpuji saat menjalankan tugas.

“Syukuri amanah yang Tuhan berikan kepada kita, karena tidak semua orang beruntung bisa berada di posisi kita saat ini, jaga nama baik Kantor Wilayah dan nama baik Kemenkumham,” tegas Parlindungan. (chm)

  • Bagikan